Senin, 22 Juli 2024

MGMP SMA se-Kabupaten Humbahas Komitmen Kembangkan Profesionalisme Guru

Redaksi - Senin, 29 Mei 2023 18:58 WIB
292 view
MGMP SMA se-Kabupaten Humbahas Komitmen Kembangkan Profesionalisme Guru
Foto Dok/Erbin Sitorus
TARIAN : Kepala Cabang Wilayah IX Dinas Pendidikan Sumut, Drs. Alfred Hasiholan Sinaga, MSi dan para guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) disambut dengan tarian, bertempat di SMA Negeri 1 Kecamatan Parlilitan, Rabu (24/5).&am
Humbahas (SIB)
Dalam rangka meningkatkan komitmen bersama untuk pengembangan profesionalisme guru, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas).

MGMP berlangsung dua hari di SMA Negeri 1 Kecamatan Parlilitan, Rabu (24/5) hari pertama dan hari kedua dilaksanakan di SMA HKBP Kecamatan Doloksanggul, Kamis (25/5).

Acara dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Drs. Alfred Hasiholan Sinaga, MSi mengatakan, sebagai guru harus bisa menjadi teladan bagi peserta didik dan dilingkungan masing-masing, yang dalam kurikulum merdeka di kenal dengan istilah "mulai dari diri." Guru yang berdedikasi dan memiliki kompetensi yang baik pasti akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki profil pelajar Pancasila.

Erbin Sitorus, SPd selaku panitia dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengatakan materi dalam MGMP kali ini adalah Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, yang meliputi Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Pembelajaran yang akan digunakan nanti pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2023/2024.

Dalam menjalankan kegiatan itu, meliputi salah satu persiapan guru untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas serta kewajibannya sebagai petugas profesional, dalam menghadapi kurikulum merdeka belajar yang harus diimplementasikan di sekolah masing-masing, kata Erbin.

Selanjutnya, Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Panutur Simorangkir SPd mengatakan, seluruh Kepala SMA se-Kabupaten Humbahas memfokuskan peningkatan kompetensi guru dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Mereka yang akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Humbahas, sehingga kepala sekolah mendukung secara penuh seluruh program peningkatan kompetensi guru.

Dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, adapun pemateri adalah seluruh Wakil Kepala Sekolah yang telah melakukan Studi Tiru ke SMA Negeri 12 Medan pada bulan Maret 2023 yang lalu serta Guru Penggerak angkatan ke-4 dan calon Guru Penggerak angkatan ke-8 serta Pengajar Praktik.

Turut hadir dalam kegiatan MGMP Kepala Seksi SMA dan PK, Doharta Hutabarat, SPd MPd, Kepala Seksi SMK, Rudyanto Sinaga, SE MSi serta seluruh para guru yang berjumlah 475 orang. (G3/a)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru