MK Putuskan Paslon Erik Adtrada-Ellya Rosa Pemenang Pilkada Labuhanbatu


317 view
MK Putuskan Paslon Erik Adtrada-Ellya Rosa Pemenang Pilkada Labuhanbatu
Foto: Dok/Tim ERA
dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Ellya Rosa Siregar MM.
Rantauprapat (SIB)
Sidang hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengesahkan hasil pemungutan suara ulang (PSU) jilid 2 Pilkada Labuhanbatu. Pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati, dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Hj Ellya Rosa Siregar MM yang meraih suara terbanyak pada PSU I dan PSU jilid II, disahkan sebagai pemenang Pilkada Labuhanbatu tahun 2020.

"Menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk masing-masing pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2020, yaitu perolehan suara yang ditetapkan oleh Termohon (KPU Labuhanbatu) berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu, nomor 64/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab/IV/2021 tanggal 21 Juni 2021," sebut Ketua MK, Anwar Usman, saat mengucapkan putusan MK yang disiarkan daring, Jumat (30/7).

Keputusan MK tersebut juga merinci hasil perolehan suara 5 pasangan calon bupati-wakil bupati Labuhanbatu, sesuai penetapan rekapitulasi perolehan suara yang ditetapkan KPU Labuhanbatu hasil PSU jilid II yang digelar KPU Labuhanbatu 19 Juni 2021 tempat pemungutan suara (TPS) 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, pasca putusan MK tanggal 30 Juni 2021 yang dimohon Paslon H Andi Suhaimi Dalimunthe ST-Faizal Amri Siregar ST. Dalam keputusan itu, Paslon Erik Adtrada-Ellya Rosa meraih suara terbanyak.

Rekapitulasi KPU, pasangan Erik-Ellya Rosa meraih 88.381 suara. Paslon nomor urut 2 itu unggul 83 suara dari petahana, Paslon Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar yang memperoleh 88.298 suara.

Hasil Pilkada Labuhanbatu setelah PSU jilid 2 yang turut dibacakan di MK: Paslon (1) dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD-Idlinsah Harahap MH (Tigor-Idlin) meraih 19.552 suara, Paslon (2) dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Ellya Rosa Siregar MM (ERA) = 88.381 suara, Paslon (3) Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar (ASRI) = 88.298 suara, Paslon (4) Abdul Roni-Ahmad Jais (RoJa) = 28.349 suara dan Paslon (5) Suhari Pane-Irwan Indra (SI) = 12.734 suara.

MK kemudian memerintahkan KPU Kabupaten Labuhanbatu untuk segera menetapkan Paslon bupati-wakil bupati Labuhanbatu terpilih.

"Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu untuk menerbitkan keputusan baru tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih," tegas Anwar Usman.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi, saat dikonfirmasi SIB, mengakui pihaknya telah diperintahkan MK untuk menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. Pihaknya akan segera menggelar rapat pleno terbuka penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dimaksud.

"KPU Labuhanbatu diperintahkan oleh MK untuk menetapkan Paslon terpilih, Paslon ERA, sesuai hasil PSU terakhir yang sudah disahkan MK. Selanjutnya KPU Labuhanbatu akan melakukan penetapan calon terpilih. Waktunya sedang dikoordinasikan di KPU pusat. Tapi kalau rencana kita akan dilaksanakan Minggu (1/8)," sebut Wahyudi melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Pasca pengucapan putusan MK terhadap perkara permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (PHP Kada) Labuhanbatu, nomor: 141/PHP.BUP-XIX/2021 yang telah memutuskan Paslon Erik Adtrada Ritonga-Ellya Rosa sebagai pemenang Pilkada Labuhanbatu, Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Labuhanbatu M Ruben Simangunsong mengajak seluruh masyarakat Labuhanbatu mendukung Erik-Ellya Rosa menjadi bupati dan wakil bupati untuk menjalankan roda pemerintahan di Pemkab Labuhanbatu.

“Alhamdulillah, ERA menang di Pilkada Labuhanbatu. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat turut mendukung pasangan itu untuk menjalankan program kerja membawa Labuhanbatu ke era yang lebih baik,” sebutnya.

Dia juga mengharapkan masyarakat tetap menjaga kondusifitas kamtibmas pasca putusan MK, serta tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19 di daerah ini.

“Semua kita berharap agar kondusifitas daerah Labuhanbatu ini tetap terjaga dengan baik,” ujarnya. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com