MK Tolak Sebagian Gugatan Hasnah-Kholil, Edimin-Padli Menangkan Pilkada Labusel


184 view
MK Tolak Sebagian Gugatan Hasnah-Kholil, Edimin-Padli Menangkan Pilkada Labusel
Istimewa
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02, H Edimin-Ahmad Padli Tanjung SAg (Asli).
Kotapinang (SIB)
Setelah melalui tahapan cukup panjang, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02, H Edimin-Ahmad Padli Tanjung SAg (Asli) akhirnya menjadi pemenang pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati tahun 2020 Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Kepastian atas kemenangan Paslon berjargon Asli itu diketahui setelah MK menggelar persidangan pengucapan putusan perkara Perselisihan Hasil PSU pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 Kabupaten Labusel, dengan nomor perkara 142/PHP.BUP-XIX/2021 di Ruang Sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (3/6), yang ditayangkan melalui live streaming. Berdasarkan hasil persidangan tersebut diketahui, pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan PKPI itu menjadi pemenang Pilkada.

Dalam amar putusannya MK mengabulkan permohonan pemohon, yakni Paslon Nomor Urut 03, Hj Hasnah Harahap SE dan Drs Kholil Jufri Harahap MM (Berhasil), untuk sebagian. Adapun yang dikabulkan yakni, menyatakan batal Surat Keputusan KPU Kabupaten Labusel Nomor 919PL.02.7-Kpt/1222/KPU-Kab/V/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labusel tahun 2020, tanggal 1 Mei 2021.

MK juga menolak permohonan pemohon selain dari selebihnya dan menyatakan sah dan berlaku Surat Keputusan KPU Kabupaten Labusel Nomor 887/PL.02.6-Kpt/1222/KPU-Kab/V/2021 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara pasca Putusan MK Nomor 37.PHP.BUP-XIX/2021 dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labusel tahun 2020, bertanggal 27 April 2021.

MK pun memerintahkan KPU Kabupaten Labusel untuk menerbitkan keputusan yang baru berkenaan dengan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 Kabupaten Labusel.

"Kalau pembacaan putusan MK sudah. Tapi resminya salinan belum kami terima," kata Ketua KPU Kabupaten Labusel, Efendi Pasaribu ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (3/6) seperti dilansir dari hariansib.com.

Disinggung mengenai tindak lanjut putusan MK tersebut, Efendi mengatakan, sejumlah Komisioner KPU Kabupaten Labusel sedang berada di Jakarta untuk berkoordinasi dengan KPU RI dan KPU Sumut. Menurutnya, kemungkinan akan ada instruksi yang akan diterima secara berjenjang, terkait tahapan selanjutnya.

Sementara itu, Calon Bupati Nomor Urut 02, H Edimin yang dikonfirmasi mengaku bersyukur atas putusan MK tersebut.

Menurutnya, apa yang dilakukan MK sudah sangat tepat dan tidak menciderai proses demokrasi di Kabupaten Labusel.

"Untuk selanjutnya, kami berharap masyarakat tidak terkotak-kotak, karena Pilkada sudah selesai. Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Labusel untuk lebih baik lagi ke depan," katanya.

Dikabulkan Sebagian
Sementara itu Permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Provinsi Sumut telah diputus Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Kamis (3/6). Dalam sidang yang dipimpin Ketua MK Anwar Usman yang dilaksanakan secara daring, diputus bahwa permohonan PHP yang diajukan calon bupati dari Mandailing Natal (Madina) ditolak seluruhnya oleh majelis.

Sedangkan permohonan dari Labuhanbatu, majelis memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu untuk segera melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten tersebut.

"Memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 di 2 (dua) TPS yaitu TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan dalam waktu paling lama 14 (empat belas) hari kerja sejak diucapkannya putusan Mahkamah ini dan melaporkannya kepada Mahkamah dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak selesainya pemungutan suara ulang,” urai Ketua MK Anwar Usman membacakan amar putusan yang digelar secara live di akun media sosial MK.

Atas putusan itu, Kordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi (Datin) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut Henry Sitinjak mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dan supervisi kesiapan pengawasan ke Kabupaten Labuhan Batu, menyusul putusan MK tersebut. (R15/A17/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com