Mahasiswa Jurnalistik USM Malaysia Kunjungi PWI Sumut


202 view
Mahasiswa Jurnalistik USM Malaysia Kunjungi PWI Sumut
Foto: Dok/PWI
Mahasiswa Universiti Sains Malaysia berkunjung ke PWI Sumut, Jalan Adinegoro Medan dan foto bersama, Selasa (29/11). 

Medan (SIB)

Mahasiswa jurusan jurnalistik komunikasi USM (Universiti Sains Malaysia) berkunjung ke PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumut, Jalan Adinegoro Medan, Selasa (29/11) guna studi perbandingan di bidang pers kewartawanan.

Rombongan mahasiswa tersebut diterima Sekretaris PWI Sumut Hamonangan R Panggabean mewakili Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik dan juga diterima Ketua DKP PWI Sumut M Sahrir MIKom didampingi wakil ketua PWI Sumut Austin Tumengkol, Rifki Warisan, Sugiatmo, Riza Mulyadi, Amrizal (Ketua Advokad PWI Sumut), bendahara PWI Hartati Rangkuti dan wakil Sekretaris PWI Sumut Julia Nuraini Tarigan.

Rombongan mahasiswa Malaysia didampingi mahasiswa STIK Pembangunan langsung dipimpin salah seorang dosen USM Nik Norma Nik Hasan menyatakan maksud dan tujuan kunjungan mahasiswa USM ke Sumatera Utara khususnya PWI Sumut.

"Mahasiswa yang berkunjung ke PWI Sumut 15 orang dari program komunikasi. Kedatangan mahasiswa ini atas inisiatif dan biaya mahasiswa sendiri, tapi tidak bisa berlama-lama. Karenanya mahasiswa Malaysia akan memanfaatkan waktu yang ada selama di Medan- Sumatera Utara," ujar Norma.

Dari kunjungan ini, Norma berharap, melalui diskusi ada rasa cinta terhadap dunia kewartawanan dan mahasiswa bisa belajar dengan pengurus PWI dan wartawan di Sumut, dalam konteks berita di Indonesia, sekaligus menjadi perbandingan bagi mahasiswa di Malaysia.

Dalam diskusi singkat, mahasiswa Malaysia ingin mengetahui lebih banyak tentang PWI sebagai asosiation jurnalis di Indonesia, juga tugas dan fungsi pers di Indonesia khususnya Sumatera Utara, termasuk etika wartawan dalam menghimpun dan menyajikan sebuah berita.

Ketua DKP PWI Sumut M Sahrir menyebutkan, PWI merupakan home base wartawan dan posisi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media. Artinya tingkat kepercayaan masyarakat dalam memahami media, Indonesia di peringkat pertama dunia. Posisi kedua China dan Malaysia di peringkat ke tujuh. Tapi di era digital dimulai dengan medsos yang ratingnya tinggi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com