Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Mantan Pangulu Nagori Pardomuanbandar Dilapor ke Kejari Simalungun

* Diduga Selewengkan Dana Desa
Redaksi - Selasa, 09 Mei 2023 20:38 WIB
250 view
Mantan Pangulu Nagori Pardomuanbandar Dilapor ke Kejari Simalungun
(Foto SIB/Roida Siahaan)
Foto bersama : Maujana Nagori Pardomuan Bandar Silou Kahean, foto bersama dengan tim Intelijen Kejari Simalungun, usai menerima
Simalungun (SIB)
Maujana Nagori Pardomuan-bandar Kecamatan Silou Kahean, bersama-sama masyarakat setempat, melaporkan mantan pangulu bernama Julfikar Purba ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, karena diduga telah melakukan penyimpangan atau penyelewengan Dana Desa tahun anggaran 2021 dan 2022.
Laporan pengaduan tertanggal 4 April 2023 yang ditandatangani Ketua Maujana Nagori Pardomuan Bandar yakni Harman Sipayung, Wakil Ketua Jakuasa Saragih, Sekretaris Rosida Purba tersebut, ditujukan kepada Kajari Simalungun yang tembusannya juga dilayangkan ke Kejati Sumut dan Pers.
Disebutkan, ada tiga titik yang diduga bermasalah yaitu proyek pembuatan jalan dan telford sepanjang 800 meter tahun anggaran 2022 di Huta Pining 2 senilai Rp 184.704 .200 setelah diukur ternyata yang dikerjakan cuma 475 meter.
Kemudian proyek pembangunan jalan dan telford sepanjang 800 meter tahun anggaran 2022 di Dusun Bandarsilou senilai Rp 245 juta lebih. Setelah diukur tidak ada 800 meter dan juga tidak ada perkerasan jalan.
Selanjutnya proyek drainase sepanjang 454 meter tahun anggaran 2021 ditambah dengan sisa anggaran proyek tahun 2022 senilai Rp 364.943.907 di Dusun Bandar-hanopan.
Setelah pekerjaan proyek diukur hanya 415 meter. Itu pun belum dikurangi parit dan jembatan yang dibangun sendiri oleh warga dengan dana swadaya sebelum ada program Dana Desa. Berhubung proyek drainase berada di pemukiman warga.
Melalui laporan tersebut, maujana dan masyarakat Nagori Pardomuan Bandar Kecamatan Silou Kahean Kabipaten Simalungun sangat mengharapkan pihak Kejari Simalungun untuk segera mengusut tuntas dugaan penyimpangan Dana Desa yang dilakukan mantan Pangulu Julfikar Purba tersebut.
Menyikapi laporan tersebut, Kasi Intel Kejari Simalungun, Asor Olodaiv Siagian SH didampingi staf intel David Siregar yang dihubungi wartawan, Senin (8/5), membenarkannya dan akan membentuk tim untuk turun ke lapangan melakukan pengusutan berupa cek lapangan dan pengumpulan bahan keterangan. (D2/d)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pangulu Dameraya Ingatkan Warganya Gunakan BLT-DD dengan Bijak
LSM Seruan Aksi Demo Kejari Simalungun Minta Petugas BNN Diusut dalam Kasus Pungli
Kejari Simalungun Peringati HUT ke 73 Persaja
Kejati Sumut Ajak Kepala Desa se-Kecamatan Sibolangit Bijak Mengelola Dana Desa
Korupsi Dana Desa, HS dan BS Divonis 3 Tahun Penjara
Korupsi Dana Desa, Mantan Kades dan Bendahara Desa Cinta Rakyat Dihukum 3 Tahun Penjara
komentar
beritaTerbaru