Masalah Lahan, Proses Pekerjaan 11 Paket Proyek di Desa Silalahi 3 Dairi Belum Dimulai


162 view
Masalah Lahan, Proses Pekerjaan 11 Paket Proyek di Desa Silalahi 3 Dairi Belum Dimulai
Foto: Ist/harianSIB.com
Rahmat Syah Munthe.

Sidikalang (SIB)

Pelaksanaan 11 kegiatan fisik/ proyek dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Dairi di Desa Silalahi 3, Kecamatan Silahisabungan belum dimulai, karena permasalahan lahan.


Kepala Disparbudpora Dairi, Rahmat Syah Munthe, Jumat (12/8) di Sidikalang membenarkan, pelaksanan/ proses pekerjaan belum dimulai, meskipun rekanan sudah melakukan penandatangan kontrak pada akhir Juli lalu, karena permasalahan lahan.


Katanya, sebanyak 11 paket proyek difokuskan di kawasan rumah tanggal di lahan seluas sekitar 4 hektare, yang merupakan asset Pemkab Dairi. Adapun proyek yang akan dilaksanakan yaitu pembangunan tourism information center, pembangunan toilet, parkir, rumah ibadah, gajebo, plaza kuliner, kios cendera mata, panggung kesenian, menara pandang, jalur pejalan kaki dan fasilitas tempat sampah.


Nilai total kontrak 11 paket proyek tersebut sekitar Rp 7 miliar lebih bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2022.


Namun, ada sejumlah warga setempat yang mempersoalkan/ protes lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan.


"Sebagian lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan sejumlah sarana pariwisata itu, dikuasai beberapa warga dan ditanami bawang merah," ungkapnya.


Diakuinya, perencanaan penempatan lokasi proyek sudah matang, sehingga kegiatan tersebut difokuskan di lokasi tersebut.


Rekanan menyurati dinas, karena mereka terhalang memulai proses pekerjaan, karena sejumlah warga mempermasalahkan lahan.


Lanjutnya, tahun 2005, Pemkab Dairi melakukan pengadaan tanah di lokasi tersebut seluas 15 hektare, namun yang siap dilakukan pembangunan sekitar 4 hektare.


Untuk menyelesaikan permasalahan, pihaknya melakukan pendekatan kepada beberapa warga, sembari menunggu proses sertifikasi BPN lahan yang 4 hektare.


"Kita tetap melakukan upaya, agar proses pekerjaan itu bisa segera dilaksanakan rekanan," ucapnya. (B3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com