Masyarakat Desa Pembangunan Alami Intimidasi, Pospera Datangi DPRD dan Polres Asahan


375 view
Masyarakat Desa Pembangunan Alami Intimidasi, Pospera Datangi  DPRD dan Polres Asahan
(Foto: harianSIB.com/Mangihut Simamora)
SPKT POLRES ASAHAN: Kabag Ops Polres Asahan Kompol Firman  menerima perwakilan massa Pospera Asahan, di ruang SPKT Polres Asahan, Rabu (21/7/2021).
Kisaran (harianSIB.com)
DPC Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Asahan berunjukrasa di DPRD dan Mapolres Asahan, Rabu (21/7/2021). Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, yang terzolimi.

Dalam orasinya, Pospera mengatakan selama 6 tahun masyarakat Desa Perbangunan terintimidasi oleh kelompok tani bergaya premanisme, sehingga tidak bisa mengambil hasil tanaman sawit yang mereka tanam.

"Banyak warga yang dianiaya, dibacok, rumahnya dibakar, tapi tidak ada yang perduli termasuk anggota DPRD Asahan," ujar Fajar selaku kordiator lapangan.

Di DPRD Asahan, massa Pospera diterima Kahar Butarbutar selaku Kabag Persidangan DPRD Asahan. Kahar menjelaskan saat ini 45 anggota dewan bersama Sekwan sedang berada di luar daerah.

"Apa yang menjadi aspirasi Pospera akan kami tampung untuk selanjutnya disampaikan kepada Ketua DPRD Asahan," ujarnya.

Sedangka di Mapolres Asahan, perwakilan massa Pospera diterima Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira diwakili Kabag Ops Kompol Firman di ruang SPKT. Atong Sigalingging Ketua DPC Pospera Asahan dalam pertemuan ini menjelaskan telah terjadi intimidasi terhadap masyarakat Desa Perbangunan.

Kompol Firman menegaskan permintaan perlindungan tanpa diminta pun kepolisian akan memberi perlindungan demi menjamin keamanan masyarakat.

Terkait laporan, sebut Firman, berdasarkan catatan Sat Reskrim Polres Asahan diketahui laporan ada yang di-SP3 dan ada yang dilimpahkan ke Polda Sumut. Laporan di-SP3 karena tidak cukupnya alat bukti sehingga tidak bisa dilanjutkan penyidikan.

"Untuk SP3, bila memang tidak diterima bisa mengajukan upaya hukum prapid. Menyangkut laporan yang dilimpahkan, dipersilahkan mengonfirmasi ke Polda Sumut," ucapnya.(*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com