Masyarakat Jalan Pelajar Medan Keluhkan Rusaknya Drainase


177 view
Masyarakat Jalan Pelajar Medan Keluhkan Rusaknya Drainase
Foto: SIB/Firdaus Peranginangin
RESES:  Anggota DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong saat mengadakan kegiatan reses di Jalan Pelajar Gang Sehat Kelurahan Teladan Timur,  Kecamatan Medan Kota, Senin (8/11/2021).
Medan (harianSIB.com)

Masyarakat Jalan Pelajar Gang Sehat Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, menyampaikan keluhannya kepada anggota DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong, terkait rusaknya drainase di Jalan Pelajar Gang Jawa, sehingga menimbulkan banjir menggenangi rumah penduduk.

Hal itu disampaikan masyarakat Jalan Pelajar, P Boru Simanjuntak, Mery Boru Simanjuntak dan lainnya kepada Parlaungan Simangunsong saat menggelar kegiatan reses di daerah itu, Senin (8/11/2021), dihadiri Sekcam Kecamatan Medan Kota Frans Siahaan, mewakili UPT (Unit Pelayanan Teknis) PU (Pekerjaan Umum) Kota Medan Noris Sembiring, mewakili Lurah Teladan Timur Said Hamadi dan para kepling (kepala lingkungan).

"Kami telah berulang kali menyampaikan keluhan kami ini kepada pihak kelurahan dan kecamatan, karena akibat rusaknya drainase tersebut, air tidak lancar mengalir, sehingga saat musim hujan tiba, menggenangi rumah-rumah penduduk di Gang Jawa," tandas Indra seperti dilaporkan jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin.

Berkaitan dengan itu, tambah Indra, masyarakat sangat berharap kepada anggota DPRD Sumut untuk segera menyampaikan keluhan warga kepada Pemko Medan, agar secepatnya memperbaiki drainase tersebut agar warga terhindar dari "langganan" banjir.

Sementara itu, Mery Boru Simanjuntak juga berharap Pemko Medan tetap memperhatikan aspirasi masyarakat, terkait rusaknya infrastruktur di kawasan Jalan Pelajar, guna menghindari terjadinya banjir di sejumlah gang di sepanjang jalan tersebut.

Untuk menjawab keluhan yang disampaikan masyarakat, Parlaungan meminta pihak kelurahan, kecamatan maupun UPT PU Kota Medan menjelaskannya secara transparan, agar persoalannya menjadi terang-benderang.

Terkait dengan rusaknya drainase di Gang Jawa, Noris Sembiring (mewakili UPT PU Kota Medan) mengatakan, pihaknya telah meresponnya dengan baik dan dalam tahun ini akan diperbaiki drainase yang rusak sepanjang 60 meter dan lebar drainase 2 meter.

Terkait dengan usulan masyarakat agar pemilihan Kepling diadakan secara pemilihan langsung, Parlaungan menjelaskan tata cara dan aturan pemilihan itu sudah diatur dalam Perda Kota Medan, sehingga belum bisa dilaksanakan secara langsung.

"Pemilihan kepling belum bisa langsung. Tapi siapa saja yang berminat menjadi Kepling boleh saja, asal memenuhi syarat dukungan 30 persen dari masyarakat, untuk selanjutnya diusulkan ke pihak kelurahan dan pihak kecamatan yang mengeluarkan SK pengesahannya," ujar Sekcam Frans Siahaan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com