Masyarakat Kota Pematangsiantar Didorong Manfaatkan Program PTSL


207 view
Masyarakat Kota Pematangsiantar Didorong Manfaatkan Program PTSL
Net/harianSIB.com
Ilustrasi sertifikat tanah.

Pematangsiantar (SIB)

Masyarakat Kota Pematangsiantar didorong untuk memanfaatkan dan mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL), yang merupakan program strategis nasional, untuk membantu masyarakat dalam memperoleh sertifikat tanah.


Sehingga, nantinya seluruh tanah milik masyarakat, khususnya di Pematangsiantar telah terdaftar dan memiliki sertifikat.


Hal tersebut diungkapkan Kepala BPN Pematangsiantar Ir Sarwin melalui Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran tanah Zu'karnain SH MHum kepada SIB, Jumat (23/9) di Jalan Dahlia Pematangsiantar.


Disebutkannya, untuk program PTSL, baik untuk pengukuran bidang tanah dan sertifikat selalu dilakukan setiap tahunnya dan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan mendaftarkan dan mengurus sertifikat tanah. Sehingga dengan adanya sertifikat, tanah masyarakat menjadi sah/legal.


Diharapkan adanya dukungan dan kerjasama masyarakat untuk melengkapi berkas/dokumen yang telah ditentukan, demi memperlancar/mempercepat pengurusannya.


Pihaknya, masih mengalami kendala dalam penyelesaian pengurusan sertifikat, seperti alas hak dan pernyataan ahli waris yang belum lengkap.


Dengan, adanya kenaikan setoran PBB di Kota Pematangsiantar, menyebabkan animo masyarakat untuk mengurus sertifikat menurun.


Namun, saat ini sudah ada penurunan biaya pengurusan hak atas tanah dan bangunan.


Kendati demikan, pihaknya bekerja keras, agar target PTSL yang dibebani sebanyak 4.400 bidang tanah, dapat diselesaikan hingga akhir tahun. Sehingga, nantinya dapat diserahkan kepada masyarakat. (D3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com