Masyarakat Minta Kejati Sumut Periksa UPTJJ Dinas Bina Marga Sibolga


217 view
Masyarakat Minta Kejati Sumut Periksa UPTJJ Dinas Bina Marga Sibolga
Foto Istimewa
Kejati Sumut 
Tapteng (SIB)
Terkait dugaan pemotongan dana pemeliharaan rutin jalan jembatan Provinsi Sumatera Utara TA 2020 di salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Jembatan (JJ) Dinas Bina Marga Sumatera Utara yang melibatkan mantan Kepala Dinas Bina Marga, aktivis Sibolga Tapteng, Jontua Situmeng meminta Kejati Sumut memeriksa seluruh Kepala UPT Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara yang ada di sejumlah kabupaten/kota, salah satunya UPT JJ Sibolga, serta memeriksa seluruh dokumen terkait pemeliharaan jalan dan jembatan.

Permintaan itu disampaikan Jontua kepada Jurnalis harianSIB.com di Pandan, Kamis (26/8), menanggapi ruas jalan provinsi di Kabupaten Tapanuli Tengah yang tidak terawat dan berlubang.

Menurut Jontua, dugaan pemotongan tersebut tidak hanya terjadi di Langkat, namun juga dimungkinkan terjadi di seluruh UPT Dinas Bina Marga Provinsi yang ada di kabupaten/kota.

"Ada sekira 14 UPT JJ Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota yang mendapat dana pemeliharaan rutin jalan, sangat tidak logis yang melakukan pemotongan dan penyetoran hanya dari UPT JJ Binjai-Langkat," kata Jontua.

Sebagaimana di Tapanuli Tengah ada 4 ruas jalan provinsi seperti ruas jalan Sorkam Kiri- Sigambo-gambo, Barus- Perbatasan Humbahas, Sibolga dan Tugu Ikan Sibuluan-Aek Horsik Tapanuli Tengah, yang dana pemeliharaannya besar.

Kepala UPT JJ Dinas Bina Marga Provinsi di Sibolga ketika hendak ditemui SIB tidak berada di kantor UPT JJ di Jalan Arifin Sibolga. Informasi di Kantor UPT JJ, kepala UPT JJ Sibolga sudah pensiun dan belum ada penggantinya.

Sebelumnya, jurnalis harianSIB.com juga pernah melakukan penelusuran terhadap jalan provinsi dan merelis berita yang terbit di harian SIB online dengan judul "Jalan Provinsi di Tapteng Tidak Terawat" Jumat 24 Juli 2020. Terhadap pemberitaan itu, Kepala Seksi Pembangunan merangkap Kasi Pemeliharaan, Hasmar Batubara mengatakan bahwa tidak terawatnya jalan karena anggaran pemeliharaan sedang dalam refocusing akibat pandemi Covid-19.

Namun, belakangan ada temuan di salah satu UPT JJ Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara melakukan pemotongan dana rutin untuk pemeliharaan jalan dan jembatan TA 2020. Apakah di UPT JJ Sibolga, terjadi pemotongan? Belum jelas. Yang pasti, kata Hasmar, dalam recofusing. (R15/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com