Masyarakat Minta Pemkab Simalungun Sediakan Mobil Damkar di Saribudolok


204 view
Masyarakat Minta Pemkab Simalungun Sediakan Mobil Damkar di Saribudolok
Istimewa
Ilustrasi foto mobil pemadam
Simalungun (SIB)
Masyarakat Saribudolok Kecamatan Silimakuta meminta kepada Pemkab Simalungun untuk menyediakan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Saribudolok. Tujuannya, untuk mempercepat penanggulangan kebakaran jika terjadi di daerah itu.

"Itu sangat perlu dan sangat kami butuhkan. Pasalnya, jika terjadi kebakaran di Saribudolok sekitarnya, mobil Damkar selalu terlambat datang. Api sudah padam, baru mobil Damkar tiba. Hal demikian sudah terjadi," kata warga Saribudolok, di antaranya, Edwin Tamba, Senin (12/4).

Dia mencontohkan pada kebakaran yang terjadi baru-baru ini di Jalan Sudirman Saribudolok. Menurutnya, jika mobil Damkar cepat datang, rumah yang terbakar tidak akan merembes ke rumah lain. Namun karena mobil Damkar tak kunjung datang, rumah yang terbakar menjadi bertambah.

"Itu awalnya hanya 1 rumah yang terbakar. Seandainya mobil Damkar sudah tiba, api sudah bisa dipadamkan. Namun karena tidak tersedianya mobil Damkar di daerah itu, rumah yang terbakar menjadi bertambah. Demikian juga kebakaran yang terjadi sebelumnya, karena lambatnya mobil Damkar tiba di lokasi kejadian," kata Edwin.

Menurutnya, kalau mobil Damkar tersedia di Saribudolok, sudah bisa melayani 5 kecamatan, karena wilayah kecamatan tersebut saling berdekatan. Lima kecamatan itu adalah Purba, Silimakuta, Haranggaol Horisan, Dolok Silau dan Pematang Silimahuta. Daerah Saribudolok berada di tengah-tengah lima kecamatan tersebut.

"Di Saribudolok sangat cocok ada 'standby' mobil Damkar, karena daerah itu berada di tengah 5 kecamatan tersebut dan ramai pemukiman penduduk serta saling berdekatan dengan 5 kecamatan itu. Oleh karenanya, Pemkab harus membuat pengadaan itu, agar percepatan penanggulangan kebakaran terlaksana dengan efektif," ujarnya.

Demikian juga kata warga lain, di antaranya, Herman Saragih dan Jetro Damanik. Disebut, pengadaan mobil Damkar di Saribudolok merupakan dambaan masyarakat selama ini. Karena itu, Pemkab Simalungun diharap merealisasikannya di tahun 2021, supaya masyarakat tidak kewalahan memadamkan api jika terjadi musibah kebakaran. (D5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com