Masyarakat Silimakuta Inginkan Pemekaran Kabupaten Simalungun Disuarakan Kembali


237 view
Masyarakat Silimakuta Inginkan Pemekaran Kabupaten Simalungun Disuarakan Kembali
Foto : net
Ilustrasi.

Simalungun (SIB)


Demi percepatan pembangunan, sejumlah masyarakat Silimakuta menginginkan pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua bagian yaitu Kabupaten Simalungun (ibu kotanya Raya) dan Kabupaten Simalungun Hataran (ibu kotanya Perdagangan).

"Usulan pemekaran ini sudah pernah disetujui DPRD Simalungun, Gubernur dan DPRD Sumut beberapa tahun lalu. Kita harapkan disuarakan kembali, agar pemekaran terwujud," kata sejumlah warga Silimakuta di antaranya Rudi Saragih, Viktor Sipayung dan Ronald Sinaga, Minggu (18/9) secara terpisah.

Menurut Rudi, jika Simalungun mekar, pemerataan pembangunan akan terealisasi dengan baik, karena luasnya sudah bisa dijangkau pemerintah daerahnya.

"Tapi, kalau tidak mekar, Simalungun ini akan tetap tertinggal dengan kabupaten lain, lantaran daerahnya sangat luas dengan memiliki 32 kecamatan, sehingga anggarannya tidak cukup untuk membangun," katanya.

Hal senada dikatakan Viktor dan Ronald. Menurut mereka, pemekaran suatu daerah merupakan hal yang lumrah demi realisasi pembangunan.

"Pemekaran bukan langkah kudeta, tapi tujuannya untuk pencapaian kesejahteraan masyarakat secara merata. Oleh karenanya, pemekaran ini diperjuangkan kembali sampai terwujud," harap warga itu. (D5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com