Masyarakat Tagih Janji Gubernur Sumut Benahi Jalan Provinsi Pematangsiantar-Pamatangraya


321 view
Masyarakat Tagih Janji Gubernur Sumut Benahi Jalan Provinsi Pematangsiantar-Pamatangraya
Foto Istimewa
Tokoh masyarakat Panei Tongah, Kabupaten Simalungun, Pantas Sitanggang
Simalungun (harianSIB.com)
Tokoh masyarakat Panei Tongah, Kabupaten Simalungun, Pantas Sitanggang menagih janji Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tentang upaya pembenahan jalan provinsi jurusan Pematangsiantar-Pamatangraya. Sampai saat ini dinilai belum ada tanda-tanda pembenahan.

"Saat kunjungan kerja Gubernur ke Pamatangraya pada 12 September 2021 lalu, dijanjikan akan segera diratakan atau dibenahi kerusakan jalan provinsi Pematangsiantar-Pamatangraya. Tapi, sampai sekarang belum ada dikerjakan," kata Pantas, Selasa (28/9/2021).

Menurutnya, kerusakan jalan terutama di Panei Tongah sudah sangat parah membuat waktu tempuh dari Pematangsiantar ke Pamatangraya semakin lama.

Bahkan, katanya, Panei Tongah kerap dilanda banjir mengakibatkan ruas jalan itu makin rusak berat. Debit air hujan yang datang dari arah perkebunan sawit PTPN IV Marjandi meluap hingga menggenangi jalan provinsi.

"Potensi kerusakan jalan akan semakin buruk akibat luapan air pada badan jalan. Setiap hujan turun lebat selalu banjir. Kejadian seperti ini sudah bertahun-tahun tanpa ada perhatian Pemprov Sumut," ujarnya.

Mantan anggota DPRD Simalungun selama 2 periode itu menjelaskan, air hujan dari arah perkebunan PTPN IV Marjandi mengalir sangat deras melalui parit drainase menuju kota Panei Tongah. Namun, karena tidak memadai parit darinase mengakibatkan air meluap dan masuk ke badan jalan.

"Sebenarnya, kita sangat menunggu janji Gubernur dalam pembenahan jalan Pematangsiantar-Pamatangraya. Walaupun hanya pemerataan lubang-lubang pada badan jalan, itu sudah sedikit mengobati kerinduan masyarakat," tutur Pantas.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumut Ir Bambang dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembenahan terhadap kerusakan jalan Pematangsiantar-Pamatangraya.

Untuk sementara dilakukan pemerataan kerusakan jalan dan tahun 2022, katanya, akan diaspal jalur lintasan tersebut. (*)


Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com