Medan, Toba dan Simalungun Zona Merah


685 view
Medan, Toba dan Simalungun Zona Merah
Internet
Ilustrasi Covid-19
Medan (harianSIB.com)

Seiring meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), berdampak langsung dengan keberadaan status zonasi risiko di daerah ini.

Bahkan, menurut data yang disampaikan Satuan Penanganan Covid-19 Pusat melalui website resminya, Rabu (25/8/2021), jumlah zona merah (risiko tinggi) Covid-19 di Sumut turun signifikan dari delapan menjadi tiga daerah.

Ketiga daerah tersebut yakni, Medan, Toba dan Simalungun. Namun khusus untuk Toba dan Simalungun, sebelumnya berada di zona oranye (risiko sedang), namun kali ini statusnya dinaikan ke zona merah.

Sedangkan tujuh kabupaten/kota lainnya, yakni Samosir, Tebingtinggi, Tapanuli Utara, Labuhanbatu, Deliserdang, Asahan dan Pematangsiantar statusnya diturunkan ke zona oranye.

Kabupaten/kota lainnya yang berada di zona oranye adalah Pakpak Bharat, Nias Barat, Tanjungbalai, Mandailing Natal, Serdangbedagai, Batubara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Sibolga, Karo, Humbahas.

Kemudian, Labuhanbatu Utara, Binjai, Padangsidimpuan dan juga Langkat, sehingga totalnya menjadi 24 daerah. Untuk zona oranye jumlahnya ada enam daerah, masing-masing Gunungsitoli, Tapanuli Tengah, Nias, Tapanuli Selatan, Nias Utara dan Nias Selatan.

Adapun data ini berdasarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah dari setiap indikator baik epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan yang diperbaharui pertanggal 22 Agustus 2021. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com