Plt Kadis Sosial Sumut Manna Wasalwa Lubis:

Membangun Bangsa Besar, Tidak Bisa Lepas dengan Sejarah


172 view
Membangun Bangsa Besar, Tidak Bisa Lepas dengan Sejarah
(Foto : SIB/Yogie S)
PEMENANG : Para siswa pemenang lomba karya tulis kepahlawanan Foto bersama Plt Kadis Sosial Sumut Manna Wasalwa Lubis, para pejabat dan dewan juri usai penyerahan hadiah, senin (11/10), di Medan 
Medan (SIB)
Plt Kepala Dinas Sosial Sumut Dra Hj Manna Wasalwa Lubis menyatakan, nilai kepahlawanan merupakan perilaku yang didasari dengan sifat berani, jujur dan pantang menyerah serta tanpa pamrih dalan usaha membela tanah air.

Hal ini diungkapkannya di depan para siswa peserta lomba karya tulis pahlawan pada acara pengumuman pemenang, penyerahan hadiah dan penutupan, Senin (11/10), di Kantor Dinas Sosial Sumut Jalan Sampul Medan.

Dikatakan, Bapak Proklamator Indonesia Ir Soekarno menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Dalam konteks ini, menurutnya, untuk membangun suatu bangsa yang besar kita tidak bisa lepas dengan sejarah.

Untuk itu, sebagai upaya menghargai nilai-nilai kepahlawanan maka Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Sumut melaksanakan kegiatan lomba karya tulis pahlawan antar siswa SLTA di Sumut pada 28 September hingga 11 Oktober 21.

Dari lomba ini diharapkan generasi muda kita bisa memahami makna kepahlawanan, sehingga terpatri dalam sanubarinya untuk bersikap berani, jujur dan pantang menyerah serta tanpa pamrih. Upaya ini harus terus menerus dilakukan sehingga sebagian besar masyarakat kita memiliki perilaku positif seperti itu.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Dinas Sosial Sumut Rais Kari AP MM melaporkan, lomba diikuti 14 SLTA negeri dan swasta yang ada di Kota Medan. Pemenang pertama akan mewakili provinsi ke tingkat nasional.

Berikut para pemenang lomba; Juara I Evekyn Amelia Silaban (SMA Negeri 1 Medan), juara II Sutri Gersia Sigiro (SMA Mariana Medan), juara III Fara Amelia Lubis (SMA Harapan I Medan), juara harapan I Glory Sarah Gresia Simanjuntak (SMA Negeri 4 Medan) dan juara harapan II Rekisha Ainur Ramadhani ( SMA Panca Budi Medan).

Para pemenang memperoleh hadiah piala, uang tunai dan piagam penghargaan. Sementara dewan juri Dr Mulyadi MHum (USU), Dr Surya Dharma MPd (Unimed), Drs Daulat Sembiring (Tenaga Ahli Dinsos Sumut) dan Bob Martias S AKS (tenaga fungsional).

Acara turut dihadiri Sekretaris Dinsos Sumut Drs Ardo Sitompul MM, unsur panitia Siti Rahmi BA, Wagirin SSos (memimpin doa) dan para guru pendamping serta undangan lainnya secara terbatas dengan melaksanakan prokes. (R6/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com