Memperingati HANI 2021, AMTT Minta Pemko Tebingtinggi Sediakan Tempat Rehabilitasi


453 view
Memperingati HANI 2021, AMTT Minta Pemko Tebingtinggi Sediakan Tempat Rehabilitasi
Foto Dok
Ketua AMTT, Peter Munthe
Tebingtinggi (harianSIB)

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 26 Juni 2021, Ketua Aliansi Mahasiswa Tebingtinggi (AMTT), Peter Munthe meminta Pemko Tebingtinggi untuk menyediakan tempat rehabilitasi bagi pengguna penyalah gunakan zat (OGPZ).

"Pengguna / Pecandu Narkotika merupakan korban, Pemko Tebingtinggi harus memberikan perhatian khusus seperti membangun rumah rehabilitasi," kata Peter Munthe saat berbincang - bincang dengan harianSIB.com, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, UU Nomor 35 Tahun 2009 pada pasal 54 menegaskan bahwa pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi untuk menghentikan ketergantungan terhadap narkoba.

"Biaya rehabilitasi sangat mahal jika dilakukan secara mandiri, sudah sewajarnya Tebingtinggi memiliki tempat untuk pecandu narkoba. Langkah ini sebagai wujud nyata dalam memberantas narkoba," ucapnya.

Lanjut Peter, rehabilitasi tersebut juga bertujuan untuk memulihkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penderita bagi para pecandu

"Dengan rehabilitasi, pecandu bisa berhenti dan dididik berperilaku disiplin sehingga kesalahan yang dilakukan tidak terulang lagi," katanya.

Banyak bangunan Pemko Tebingtinggi yang masih bisa dijadikan tempat bagi pecandu narkoba. Untuk itu, memperingati HANI 2021 dapat diberikan hadiah berupa tempat rehabilitasi bagi pengguna narkoba.

Sementara itu, Sekretaris AMTT, Aldo Manalu juga mengatakan, agar ada pemantauan terhadap perilaku narapidana kasus narkoba yang telah ditangkap.

"Mereka harus mendapat perhatian, agar tidak mengulangi kegiatan yang negatif dan hal ini tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam memberantas habis peredaran narkoba," ungkapnya. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com