Mendes Sebut Teluk Tomini Penting Buat Indonesia dan Dunia


146 view
Mendes Sebut Teluk Tomini Penting Buat Indonesia dan Dunia
Foto: Kemendes PDTT
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri acara Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara di Universitas Negeri Gorontalo.
Jakarta (SIB)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri acara Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara di Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan yang bertajuk 'Revitalisasi Kawasan Teluk Tomini untuk Pengembangan Ekonomi dan Investasi Perdesaan' itu digelar dalam rangka mengembangkan Teluk Tomini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis perdesaan.

Diketahui, Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia, dengan luas perairan mencapai 137.700 KM2, dan memiliki garis pantai sepanjang hingga 1.350 KM. Teluk ini berbatasan dengan 3 provinsi di Sulawesi, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

"Teluk Tomini tepat berada di jantung segitiga karang dunia atau heart of the coral triangle, tepat berada di garis khatulistiwa, karenanya, Teluk Tomini memiliki peran penting bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi dunia," kata Abdul Halim dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6).

Abdul Halim berharap kegiatan yang turut dihadiri kepala-kepala daerah di Gorontalo itu dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Untuk itulah, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berkenan menjalin kerja sama, bersinergi dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan di Teluk Tomini ini," pungkasnya.

Sebagai informasi acara tersebut ikut hadiri Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan Lestari Moerdijat, serta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna. Hadir pula secara virtual Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih, Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Inovasi Prioritas Kementerian Investasi, Aries Indranarto, dan Plt Direktur Regional II Bapenas, Mohammad Roudo. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com