Bidang Intelijen Kejati Sumut Penyuluhan Hukum

Menghindari Jeratan Hukum, Peserta Didik Diajak Bijak Bermedsos


204 view
Menghindari Jeratan Hukum, Peserta Didik Diajak Bijak Bermedsos
Sumber Foto: wacana.org
Ilustrasi bijak medsos.

Medan (SIB)

Dalam rangka program Jaksa Masuk Sekolah (JMS), Tim Penerangan Hukum (Penkum) Bidang Intelijen Kejati Sumut melakukan kegiatan penyuluhan hukum di SMA Plus Sedayu Nusantara di Jalan Marelan IV Pasar 3 Timur Rengas Pulau Medan Marelan, dengan tema “Perlindungan Hukum terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual dan Etika dalam Bermedia Sosial (bermedsos) sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE".

Menurut Kasipenkum Kejati Sumut Yos A Tarigan SH MH kepada wartawan, Kamis (16/6), kegiatan kejaksaan dalam rangka program JMS itu telah berlangsung, Rabu (15/6), dengan pembicara 2 jaksa fungsional pada Asintel Kejati Sumut Joice Sinaga SH MH dan Lamria Sianturi SH MH yang dipandu moderator Jaksa Fungsional Ghufran SH.

Disebutkan, dalam penyuluhan hukum itu Lamria Sianturi menyampaikan topik materinya tentang Etika dalam Bermedia Sosial sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Menurutnya, Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) telah dengan tegas memberikan sanksi hukum kepada siapa pun yang melanggar undang-undang ini.

Ia menyampaikan, sudah banyak contoh orang-orang yang akhirnya berurusan dengan aparat penegak hukum karena tidak bijak dalam bermedia sosial, tidak memiliki etika dalam bermedia sosial, menyebarkan hoax, menyebarkan gambar asusila dan kegiatan lainnya yang melanggar hukum.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com