Menjelang Idul Fitri 2021, Menteri Perdagangan : Ketersedian Barang di Sumut Baik dan Harganya Terjangkau


250 view
Menjelang Idul Fitri 2021, Menteri Perdagangan : Ketersedian Barang di Sumut Baik dan Harganya Terjangkau
Foto SIB/Pally S
Beri Keterangan : Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi usai meninjau Pasar Inpres Belawan, memberi keterangan kepada wartawan terkait kondisi harta dan persedian barang kebutuhan pokok masyarakat menjelang Idul Fitri di Sumatera Utara, Sabtu (1/5/2021).
Belawan (SIB)
Dua pekan menjelang perayaan hari besar keagamaan, Idul Fitri tahun 2021, ketersedian berbagai barang kebutuhan pokok pada sejumlah pasar tradisional di Sumatera Utara cukup baik dan harganya juga terjangkau oleh masyarakat.
Hal tersebut dikatakan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi didampingi Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walikota Medan, Boby Nasution kepada wartawan usai meninjau barang kebutuhan pok masyarakat di Pasar Inpres Kecamatan Medan Belawan Sabtu (1/5/2021).
Lebih lanjut dikatakannya, setelah melakukan pengecekan harga daging sapi perkilogram Rp 120 ribu, bawang merah pada kisaran Rp 35 ribu dan harga cabai merah menurut Menteri Perdagangan juga cukup terjangkau oleh masyarakat.
"Setelah melakukan peninjauan, kesimpulan saya, ketersedian barang di Sumatera Utara baik, bagus, terjangkau dan harganya juga terjangkau," ujar Menteri Perdagangan kepada wartawan.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perdagangan juga mengatakan, Pasar Inpres Belawan yang kondisi sangat memprihatinkan yakni kerap tergenang air saat hujan dan kondisinya juga bau, akan segera dibenahi dengan menggunakan anggaran tahun berikutnya.
Menurut Menteri Perdagangan, seluruh pasar tradisionil hendaknya disiapkan atau dibangun dengan kondisi siap bersaing dengan pasar modern, sehingga penghasilan kalangan pedagang dapat lebih baik dan masyarakat atau pembeli merasa nyaman ketika berbelanja.
Sementara itu, Wali Kota Medan mengatakan, saat ini pedagang yang beraktifitas di luar Pasar Inpres Belawan jumlah sekitar 400 orang, sedangkan di dalam pasar 300 orang.
Menurut Wali Kota Medan, jika Pasar Inpres Belawan selesai dibenahi, dapat menampung sebanyak 600 hingga 700 orang pedagang, dan ketika proses pembangunan sedang berlangsung para pedagang yang berada di dalam pasar akan dipindahkan sementara ke lokasi yang telah ditentukan.(*)

Penulis
: Pally S
Editor
: bantors@hariansib.com
Tag: Belawan
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com