Menkes Dukung Pembangunan RS Haji Bertaraf Internasional


123 view
Menkes Dukung Pembangunan RS Haji Bertaraf Internasional
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
AUDIENSI: Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menerima audiensi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di rumah dinasnya Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (8/11). Menkes mendukung Pemprov Sumut untuk membangun dan meningkatkan Rumah Sakit (RS) Haji Medan menjadi rumah sakit bertaraf Internasional.
Medan (SIB)
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mendukung Pemprov Sumut membangun dan meningkatkan Rumah Sakit (RS) Haji Medan menjadi rumah sakit bertaraf Internasional. Pembangunan itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Sumut.

Hal itu diungkapkan Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menerima audiensi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di rumah dinasnya Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (8/11). Menurutnya penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Kita tentu mendukung, karena bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” terang Budi Gunadi Sadikin.

Budi menambahkan akan mengajukan usulan pembangunan RS Haji ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapppenas). Dengan begitu pembangunan RS Haji akan lebih cepat terealisasi. “Kita akan upayakan mengajukannya ke Bappenas, mudah-mudahan disetujui sehingga ini bisa segera terealisasi,” ungkapnya.

Pembangunan RS Haji sendiri direncanakan akan dibangun di Kabupaten Deliserdang berdampingan dengan mega proyek Sport Centre di Desa Sena. Gubernur Edy Rahmayadi berharap pembangunan itu cepat terealisasi agar masyarakat Sumut dan sekitarnya mendapatkan pelayanan RS bertaraf internasional.

“Banyak sekali masyarakat kita yang berobat ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Kalau kita punya rumah sakit yang bertaraf internasional, mereka tidak perlu lagi berobat ke luar negeri karena di sini juga ada rumah sakit yang bertaraf internasional,” ujarnya.

RS Haji Internasional direncanakan akan memiliki 5.000 kamar dengan fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Awalnya rencana pembangunan RS Haji direncanakan mulai Maret 2021, namun harus mundur karena pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

“Kita akan bekerja keras mempercepat proses pembangunan ini karena sudah mundur dari jadwal semula. Kita minta dukungan dan doa dari masyarakat agar rumah sakit ini bisa segera terwujud,” harapnya.

Turut hadir pada pertemuan dengan Menteri Kesehatan RI antara lain Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Ismail Lubis dan Direktur Utama RS Haji Medan Rehulina Ginting bersama wakilnya. (rel/A13/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com