Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Menkomarves Tinjau Lokasi Venue F1H2O di Balige

* Diminta Pemkab Tegas Dalam Pembersihan Sempadan Danau
Redaksi - Jumat, 06 Januari 2023 14:29 WIB
447 view
Menkomarves Tinjau Lokasi Venue F1H2O di Balige
(Foto: SIB/Eduwart MT Sinaga)
Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan melihat maket pembangunan Venue F1H20 pada saat melakukan kunjungannya dalam rangka persiapan perhelatan lomba boat internasional di seputaran Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Kecamatan Balige,
Toba (SIB)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi venue F1H2O yang berada di seputaran lapangan Sisingamangaraja XII Balige dan Pelabuhan Mulia Raja Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Kamis (5/1).

Pada saat peninjauan ini, Luhut Pandjaitan menyampaikan bahwa persiapan venue F1H2O ini tinggal 50 hari.

Karena itu pemerintah daerah dan kementerian agar memastikan pengerjaan venue dan dapat digunakan saat perhelatan yang akan berlangsung 24-26 Februari 2023 ini.

"Agar ini selesai sebelum pertandingan, kita harap tanggal 20 sudah selesai, ini semua karena pertandingan kan 24 Februari 2023," tegasnya.

Luhut yakin akan progres pembangunan venue F1 H2O. Bahkan Luhut juga meminta agar lahan sepanjang 1,5 kilometer dari sisi kanan venue yang berada pada sempadan Danau Toba harus dibersihkan agar Danau Toba semakin indah.

"Kita lihat Ok. Ini kita minta Pak Bupati, 1,5 kilometer sempadan Danau Toba itu tanah negara. Jadi kalau itu tanah negara, mereka yang disitu dipindahkan aja biar makin cantik Danau Toba ini," sambungnya.

Ia juga minta kesadaran masyarakat sekitar agar terus mendukung berlangsungnya F1 H20 tersebut.

"Ini kan lima tahun. Maka harus bagus. Orang Batak itu harus bisa juga seperti orang Bali saat acara G20 itu," terangnya.

Menyinggung pembersihan kawasan sempadan Danau Toba sejauh 1,5 kilometer dari areal venue F1H2O secara bertahap, Luhut juga meminta agar pemerintah daerah tegas dalam penegakan hukum perihal kawasan sempadan Danau Toba.

"Jadi kita harus bisa melihat ke depan, jangan hanya melihat sekarang, jangan emosional. Ya memang ada pengorbanan. Dulu, mungkin pemerintah kita enggak tertib, sekarang kita tertib. Jadi, Pak Jokowi itu mau kita tertib," pungkasnya. (G1/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Menko Luhut Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University
Luhut Sebut 2 BUMN RI Mau Caplok Perusahaan Asing
Luhut Sebut RI Bisa Kantongi Pendapatan Rp 1.140 T dari Hilirisasi
Luhut: Bisnis CCS Bisa Jadi Sumber Duit RI di Masa Depan
Luhut: Ada Negara Tetangga Sebut Indonesia Proteksionis, Itu Tidak Benar!
Luhut Diajak Prabowo Untuk Masuk ke Pemerintahannya
komentar
beritaTerbaru