Menparekraf Dukung Makam IL Nommensen di Sigumpar, Sebagai Objek Wisata Religi


126 view
Foto SIB/ Eduwart MT Sinaga
MoU: Ephorus HKBP DR Robinson Butarbutar bersama Dirut BOPDT Jimmi Panjaitan melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dalam hal pengembangan wisata religi di kawasan Danau Toba. Penandatangan ini disaksikan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Bupati Toba Poltak Sitorus, Kamis (10/6).
Toba (SIB)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno mendukung makam missionaris Batak DR IL Nommensen yang terletak di Desa Sigumpar Barat, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, sebagai salah satu objek wisata religi di kawasan Danau Toba. Sehingga para wisatawan yang datang ke Danau Toba, bukan hanya menikmati wisata alam, tetapi juga wisata religi.

Hal itu disampaikannya pada saat kunjungannya ke makam DR IL Nommensen di daerah Sigumpar Kabupaten Toba, Kamis (10/6).

Dalam kunjungan ke makam missionaris orang Batak ini, Menparekraf disambut Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar, Bupati Toba, Poltak Sitorus, Wabup Toba, Tonny M Simanjuntak, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Jimmi Panjaitan, Praeses HKBP Distrik IV Toba, Pdt Julson Pasaribu serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Sigumpar.

"Kami sangat mendukung makam DR IL Nommensen ini sebagai salah satu objek wisata religi yang menambah nilai - nilai spritual. Jadi ke Danau Toba bukan hanya menikmati alam, tapi juga mendapatkan nilai - nilai religi spritualitas. Ajaran yang dibawa beliau menjadi panutan bagi para generasi muda dalam kehidupan sehari - hari yang sesuai dengan tatanan religi, " kata Sandiaga.

Lebih lanjut dikatakannya,keberadaan makam ini sebagai salah satu objek wisata religi dapat menambah daya tarik wisatawan ke kawasan Danau Toba. Karena kami ingin meningkatkan jumlah hari dari kunjungan wisatawan dan juga meningkatkan kwalitas dari kunjungan mereka ke Danau Toba. Sehingga akan menciptakan lapangan kerja baru serta mendukung pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

" Kami memiliki rencana aksi. Tadi sudah disampaikan Pak Dirut (Direktur Utama BOPDT red). Mudah - mudahan segera ditandatangani kerjasama. Karena dari mimbar itulah kita bisa mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan rakyat. Dan kita berharap yang kunjungan sebelum Covid - 19 yang 100 ribu dari nusantara dan mancanegara ke makam ini, bukan hanya kita tingkatkan,tapi juga kwalitasnya dan keberlanjutannya bisa kita hadirkan, " harapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berpesan supaya kawasan pemakaman ini dirawat, dipelihara dan dikelola dengan baik, sehingga wisatawan yang berkunjung ke kawasan pemakaman ini akan merasa nyaman.

Kepada bupati, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat dan masyarakat sekitar, Sandiaga memesankan untuk saling berkolaborasi agar kawasan pemakaman ini dapat memberi manfaat dan dampak positif seluas - luasnya bagi orang banyak.

Sebelumnya, Menparekraf menyampaikan, IL Nommensen dapat dikategorikan sebagai pahlawan yang membawa kemajuan dan harkat martabat bagi kehidupan orang Batak. Hal ini juga dapat dilihat dari keuletan IL Nommensen selama mengabdi sebagai missionaris di tanah Batak yang tentunya dapat dijadikan sebagai teladan bagi hidup manusia.

" Hari ini kita bisa berkumpul di tempat yang memiliki sejarah yang sangat panjang yaitu IL Nommensen yang dikebumikan di sini yang mengajarkan cinta kasih. Ini rasulnya orang Batak, seorang missionaris dari Jerman yang memberikan pendidikan moderen,kesehatan moderen yang menjadi cikalbakal kemajuan dan pembaharuan orang Batak, " ungkapnya.

Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar mewakili pimpinan HKBP, pelayan dan warga jemaat HKBP menyampaikan terimakasih atas kunjungan Menparekraf ke makam missionaris orang Batak IL Nommensen.

" Saya dengar bapak dekat dengan HKBP. Pada saat peresmian HKBP Cilincing, baru menjabat (Wagub DKI red) datang ke sana meresmikan. Itulah kedekatan bapak. Dan sekarang makin maksimal dengan kehadiran bapak ke jantung sejarah, jantung hati kami, ke makam yang kami hormati rasul orang Batak yang memberikan hidupnya untuk kemajuan orang Batak, " sebutnya.

Oleh karenanya, lanjut Ephorus, sangat mendukung Menparekraf menunaikan tugas dari Presiden Jokowi untuk mempercepat pembuatan daerah - daerah di Danau Toba itu menjadi pusat pariwisata nasional superprioritas.

Pada kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno juga menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara HKBP yang diwakili Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dengan Menparekraf dalam hal ini Badan Otorita Pariwisata Danau Toba diwakili Direktur Utama BOPDT Jimmi Panjaitan terkait pengembangan wisata religi di kawasan Danau Toba. (G1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com