Meski Medan Level 2, Isoter Tetap Dibuka


137 view
Meski Medan Level 2, Isoter Tetap Dibuka
Foto Dok/Leo Bukit
Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Mardohar Tambunan
Medan (harianSIB.com)

Mengantisipasi kembali kenaikan kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Medan masih membuka lokasi isolasi terpusat (Isoter) untuk pasien yang terpapar.

"Isoter di Medan masih tetap dibuka. Ini gunanya untuk mengantisipasi jika terjadi kenaikan kasus Covid-19 kembali," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan, Mardohar Tambunan, Kamis (7/10/2021).

Ia mengakui pasien yang dirawat di isoter saat ini turun drastis seperti di eks Hotel Soechi hanya dihuni lima pasien dan di Gedung P4TK Helvetia tinggal tiga pasien.

Begitu juga dengan ICU Covid-19 yang sebelumnya telah disiapkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan, sama sekali tidak ada pasien.

"Tidak ditutup, disiapkan terus untuk antisipasi jika kasus meledak lagi. Tapi kayak ICU Covid-19 sementara bisa dimanfaatkan untuk layanan umum. Isoter itu tetap kita standby kan," terangnya.

Ia menyebutkan Kota Medan selain sudah level 2 PPKM, BOR RS juga sudah turun menjadi 13.39 persen. Angka tersebut sudah sangat turun dibanding sebelumnya.

Begitu juga dengan isolasi atau tempat karantina mandiri sudah turun hingga 6,66 persen dan angka kematian sudah nol.

Seperti diketahui, kasus corona di Medan sampai 6 Oktober 2021 mencapai 47.763 orang, sembuh 46.346 orang, meninggal 896 orang, kasus aktif 521 orang. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com