Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Muhammad Dimiyathi Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Inovasi Unggulan Pemko Tebingtinggi

Redaksi - Rabu, 15 Maret 2023 18:33 WIB
198 view
Muhammad Dimiyathi Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Inovasi Unggulan Pemko Tebingtinggi
Foto: Dok/Dinas Kominfo
BERBAGI PENGALAMAN: Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi berbagai pengalaman dan pengetahuan melalui Lesson Learned Web
Tebingtinggi (harianSIB.com)
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi berbagai pengalaman dan pengetahuan terkait inovasi unggulan Pemerintah Kota Tebingtinggi, yaitu “Eco UMKM untuk Tebingtinggi Sejahtera” melalui Lesson Learned Webinar Series, Rabu (15/3/2023), dari Kantor Direktorat APEKSI, Rasuna Office Park III, Kompleks Rasuna Epicentrum, Jakarta.
Lesson Learned Webinar series yang digelar APEKSI bersama PT Surveyor Indonesia ini, merupakan serangkaian acara yang ditujukan khusus untuk pemerintah kota seluruh Indonesia sebagai wadah sharing dan pembelajaran dari pemenang program "Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities Tahun 2022 kepada peserta I-SIM for Cities.
APEKSI bersama PT Surveyor Indonesia pada 2022 telah menginisiasi program rating dan awarding SDGs untuk pemerintah kota, yaitu “Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities”.
Program yang juga mendapat dukungan dari Kementerian PPN/Bappenas melalui Sekretariat Nasional SDGs ini, merupakan gerakan inisiatif dalam meningkatkan integrasi, sinergi dan kolaborasi multistakeholders dalam ekosistem pembangunan berkelanjutan di Indonesia ini.
Penyerahan penghargaan dari Bappenas terhadap program I-SIM for Cities ini, telah dilakukan di awal Desember 2022, dengan menetapkan tiga pemenang utama dan 3 pemenang harapan untuk kategori pemerintah kota. Di mana Pemko Tebingtinggi meraih penghargaan terbaik ke-2 dari 74 pemerintah kota se-Indonesia.
Disampaikan Muhammad Dimiyathi, produk inovasi unggulan "Eco UMKM" Kota Tebingtinggi dilatarbelakangi dari dukungan Pemko Tebingtinggi dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kapabilitas dan sustainability UMKM, sehingga diharapkan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.
"Eco UMKM ini sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan pemulihan ekonomi nasional. Dari situ kita menggandeng masyarakat untuk berkolaborasi menciptakan dan mengembangkan produk-produk inovasi yang bahan dasarnya dapat diperoleh dari lingkungan sekitar, yang mudah ditemui di sekitar kita," jelasnya.
"Sehingga dari produk-produk yang dihasilkan masyarakat (pelaku UMKM), diharapkan dapat membantu perekonomian para pelaku UMKM," tambahnya.
Adapun beberapa produk inovasi Eco UMKM Kota Tebingtinggi, di antaranya Eco-Batik, Eco-Print, bioflok limbah perikanan darat yang bisa digunakan sebagai pupuk cair bahan pertanian dan budidaya pisang kepok keling yang sekarang sudah ekspor ke Malaysia dan retail di Tebingtinggi.
Lebih lanjut dijelaskannya, Eco UMKM ini memiliki dampak pembangunan berkelanjutan Pemko Tebingtinggi terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM.
"Ada peningkatan penghasilan untuk pelaku Eco UMKM ini. Sebelum adanya dukungan dari pemerintah kota (dari tahun 2017-2019), kalau kita hitung rata-rata penghasilan perbulan untuk pelaku UMKM Eco Print Rp2,75 juta/bulan, bioflok ikan Rp3 juta/bulan dan keripik pisang Rp4 juta/bulan," katanya.
Namun, setelah Pemko Tebingtinggi turut mendukung dan ambil bagian untuk pengembangan inovasi ini, kata dia, penghasilan rata-rata pelaku UMKM mengalami peningkatkan, yakni UMKM Eco Print menjadi Rp6,5 juta/bulan, bioflok ikan Rp8 juta/bulan dan keripik pisang Rp13 juta/bulan.
Dimiyathi mengatakan, peningkatan penghasilan pelaku UMKM tersebut karena adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah kota, stakeholder terkait dan pelaku UMKM, seperti dukungan promosi, sosialisasi DNA bantuan permodalan.
Dikatakannya, Pemko Tebingtinggi akan tetap berkomitmen mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui pelaku UMKM di Tebingtinggi.
"Kita berkomitmen dengan beberapa OPD menganggarkan UMKM. Hal ini yang terus kami kembangkan dan majukan. Dengan demikian, kemitraan dengan masyarakat dapat kami lakukan dengan baik, kolaborasi untuk memajukan daerah kita masing-masing," katanya.
Melalui kegiatan ini, Dimiyathi berharap dapat menginspirasi masyarakat dan pellaku UMKM di seluruh Indonesia untuk tetap berinovasi guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional.
Dalam paparannya, Pj Wali Kota Tebingtinggi didampingi Kepala Bappeda Suheri Damanik, Kadis Kesehatan Muhammad Iqbal, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan. (*)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Moettaqien: Tebingtinggi Harus Segera Berbenah Sebelum Tol Pematangsiantar dan Tanjungbalai Dibuka
Moettaqien Minta Ketua KPU dan Bawaslu Tebingtinggi Laporkan Jika Ada Kendala
Sambangi Warga di Warung Kopi, Pj Wali Kota Tebingtinggi Bertemu 3 Kepling
Sidak ke RSKP, Pj Wali Kota Tebingtinggi Minta Pegawai Melayani Tidak "Muka Ketat"
Pj Wali Kota Semangati Peserta Karnaval Asal Tebingtinggi di APEKSI XVII Kota Balikpapan
Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Atualisasikan Nilai-nilai Pancasila di Setiap Aspek Kehidupan
komentar
beritaTerbaru