Mulai Hari Ini GMI Wilayah I Gelar Konta ke-76 Peserta Diwajibkan Swab Antigen


310 view
Mulai Hari Ini GMI Wilayah I Gelar Konta ke-76 Peserta Diwajibkan Swab Antigen
(Foto: SIB/Wilfred Manullang)
TES SWAB: Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat STh MPd dan istri mengikuti tes swab antigen di Aula PKMI 1 Medan, Kamis (1/7). GMI Wilayah I akan menggelar Konta selama tiga hari mulai hari Jumat-Minggu (2-4/7) secara semi virtual. 
Medan (SIB)
Gereja Methodist Indonesia (GMI) Wilayah I menggelar Konferensi Tahunan (Konta) ke -76. Konta selama tiga hari , Jumat-Minggu (2-4/7) dilaksanakan secara semivirtual dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta Konta yang terdiri dari utusan warga dan para pendeta diwajibkan membawa surat swab antigen. Panitia juga telah membagi para peserta Konta dalam 11 klaster dengan setiap klaster jumlahnya dibatasi. Sementara pusat virtual berada di Hotel Emerald Garden.

Untuk memastikan pelaksanaan Konta mengikuti arahan pemerintah, peserta dan panitia Konta mengikuti tes swab antigen di Aula PKMI 1 Medan, Kamis (1/7). Tes swab antigen ini diperlukan untuk memastikan peserta Konta bebas dari Covid-19.

Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat S.Th M.Pd dan istri juga ikut tes swab antigen. Bishop Kristi Wilson mengatakan Konta Tahun 2021 merupakan yang kedua kali diadakan di saat pandemi Covid-19. "Mengingat jumlah terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat, saya telah meminta kepada panitia dan peserta Konta agar menjalankan prokes dengan ketat. Kita tidak boleh main-main," tegas bishop.

Bishop menjelaskan Konta merupakan amanat dari disiplin GMI yang berfungsi mengevaluasi program-program tahun 2020.

"Juga menentukan program yang akan dilaksanakan," jelasnya seraya menambahkan tahun ini GMI juga akan menggelar Konferensi Agung (Konag). Konag yang dijadwalkan Oktober di Wilayah II untuk pemilihan bishop.

Ketua Panitia Konta Drs Jatongam Nainggolan MM menjelaskan peserta Konta diwajibkan membawa surat tes swab antigen yang hasilnya negatif. Ketentuan ini berlaku baik bagi mereka yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin.

"Hal ini sudah kami sampaikan kepada seluruh peserta dalam undangan,' ujarnya. Dia menegaskan panitia tidak akan memberikan izin masuk bagi mereka yang tidak membawa surat tes swab antigen. "Ini demi menjaga kesehatan kita semua," jelasnya. Selama pelaksanaan Konta, peserta juga dihimbau untuk tetap menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan.

Konta 2021 diikuti 560 orang dengan rincian utusan warga jemaat sebanyak 220 orang dan pendeta 340 orang. "Jika dirata-ratakan setiap klaster berjumlah 50 orang sehingga protokol kesehatan bisa terpenuhi," jelasnya. Dia menjelaskan Konta juga akan memilih utusan ke Konag sebanyak 334 orang.

Lebih lanjut Jatongam mengatakan tema Konta tahun ini adalah hidup bersama dalam keteraturan (1 Korintus 14: 40) dan sub tema: Revitalisasi sumber daya Gereja menjadi berkat bagi semua ciptaaan Tuhan. (SS4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com