Mulai September Pelanggaran Protkes di Agara Dikenakan Sanksi


194 view
Mulai September Pelanggaran Protkes di Agara Dikenakan Sanksi
PNGEgg
Ilustrasi
Kutacane (SIB)
Dengan disahkannya peraturan Bupati (Perbup) Aceh Tenggara(Agara) Nomor 32/2020 tentang tatanan normal baru, penegakan
disiplin Protokol Kesehatan (Protkes) dan sanksi terhadap pelanggaran Protkes, maka terhitung mulai 25 September 2020.

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) akan mengenakan sanksi tegas, terhadap pelanggaran Protokol Kesehatan normal baru Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Aceh Tenggara,Drs.H.Raidin Pinim MAP melalui Sekretarisnya Muhammad Ridwan SE M.Si saat memimpin Rapat Koordinasi Satgas, terkait pelaksanaan Peraturan Bupati di Kantor BPBD Aceh Tenggara, Kamis (27/8).

Dikatakan, sampai 23 September nanti, Satgas penanganan Covid 19 Aceh Tenggara akan terus mensosialisasikan Peraturan Bupati Aceh Tenggara tersebut.

“Yang menjadi bahasan utama dalam rapat tersebut di antaranya, pengaktifan pemeriksaan terhadap orang yang keluar dan yang masuk dari dan ke Aceh Tenggara.Dan sejak Senin( 24/8/2020) lalu, sudah disediakan layananan pemeriksaan rapid test mandiri di pos perbatasan”, katanya.

Untuk kehidupan di tatanan baru di era normal baru yang akan dilibatkan dan diawasi tersebut terdiri dari 12 sektor, di antaranya bidang pendidikan, perindustrian dan perdagangan yang terkait dengan pasar yang ada di seluruh wilayah Aceh Tenggara, sektor pariwisata, olah raga, sosial budaya dan keagamaan serta yang berkaitan dengan adat istiadat.

Untuk semua bidang tersebut, lanjut Ridwan akan terus dipantau dan diawasi agar selalu mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan pemberlakukan tatanan normal baru yang telah berlaku di Aceh Tenggara dengan tetap mempedomani Perbup 32/2020.

Sedangkan sejak 25 September akan datang,usai melalui tahapan sosialisasi yang melibatkan berbagai unsur
masyarakat,pelanggaran terhadap Perbub terkait tatanan normal baru tersebut,akan dikenakan sanksi langsung. “Intinya kita tetap menekankan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan jika tidak patuh,akan dikenakan sanksi administrasi denda atau sanksi dalam bentuk lainnya”, ujar Ridwan.

Sebelumnya, kata Ridwan yang juga Sekdakab Aceh Tenggara itu, pada Rabu (26/8) di Oproom Sekdakab,juga telah dilakukan sosialisasi dengan seluruh Camat yang ada di Aceh Tenggara,ditambah para Kabag dan unsur lainnya. (K-10/c)
Penulis
: redaksisib
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com