Muncul Klaster Baru Terkonfirmasi Covid-19 di Humbahas


368 view
Muncul Klaster Baru Terkonfirmasi Covid-19 di Humbahas
istimewa
Swab tes. 
Humbahas (SIB)
Dalam beberapa hari terakhir muncul klaster baru penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang mengakibatkan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah.

Hal itu dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas (Gustu) Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbahas yang juga Kadis Kominfo Humbahas Drs Hotman Hutasoit ketika dikonfirmasi SIB via selulernya, Kamis (3/12).

Dia mengatakan, dari hasil penelusuran Tim Gustu, klaster baru penyebaran Covid-19 terjadi di Gereja GKII, Sekretariat Kantor Bupati Humbahas, Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbahas.

Akibat dari munculnya klaster baru tersebut, saat ini status Kabupaten Humbahas berada pada zona orange, dari sebelumnya zona kuning. “Perobahan status itu bukan karena jumlah, melainkan karena tren atau grafik naik,” ucapnya.

Hotman menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus itu, pihaknya sudah menyurati seluruh pihak terkait, khususnya pimpinan gereja GKII untuk menghentikan segala pertemuan fisik, baik di gereja maupun di rumah-rumah jemaat. Karena kata dia, pasien yang paling banyak terpapar Covid-19 saat ini terjadi di jemaat GKII.

“Klaster di GKII terjadi karena waktu itu, ada 2 pendeta yang terkonfirmasi Covid-19. Padahal pendeta tersebut melayani di GKII. Tentunya sang pendeta melakukan kontak dengan jemaat. Maka orang lain menjadi ikut terpapar Covid-19. Maka gugus tugas telah menyurati agar menghentikan pertemuan fisik bagi gereja GKII Lintongnihuta, Doloksanggul, dan Parlilitan,” jelasnya.

Ketika disinggung apakah ada hubungannya terpaparnya istri calon Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Lidia Kristina Panjaitan dengan kegiatan ibadah Gereja GKII, Hotman mengaku belum bisa menjawab hal tersebut, karena hingga saat ini belum diketahui riwayat terpaparnya istri bupati petahana Humbahas tersebut.

Sementara itu, mengenai kondisi kesehatan calon Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, kata Hotman, saat ini belum diketahui kapan akan dilakukan swab ulang. “Belum ada informasi sampai sekarang. Tunggu saya konfirmasi dulu pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan kapan akan dilakukan swab ulang,” katanya.

Di lain hal, Hotman juga menjelaskan bahwa saat ini RSUD Doloksanggul sudah merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan, sebab saat ini, kata dia, rumah sakit tipe C itu sudah memiliki alat PCR yang memiliki kemampuan yang sama dengan PCR Laboratorium Universitas Sumatera Utara. Namun untuk pengakuan akreditasinya kata dia, masih tahap pengurusan dari Kemenkes.

“Isolasi mandiri yang sifatnya keluhan-keluhan ringan sudah ditangani oleh RSUD Doloksanggul. Mereka dirawat di sana, karena rumah sakit rujukan Covid-19 semua penuh dan itu sebenarnya hanya tinggal kondisi ruangan untuk peningkatan kapasitas.
Sebenarnya sesuai dengan SOP tata laksana, sudah bisa dirawat pasien Covid-19 yang ringan. Kalau ada keluhan dari dokter, hal yang wajar. Karena belum keluar atau masih proses mengurus akreditasi dari Kemenkes,” pungkasnya. (BR8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com