Murni Huber Buka Posko Pengaduan Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual


349 view
Murni Huber Buka Posko Pengaduan Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual
(Foto: Facebook)
Posko Pengaduan: Murniati Huber - Lumbantobing bersama aktivis perempuan usai pembicaraan rencana membuka Posko  Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual di Sekretariat Partai NasDem SU Jalan Prof HM Yamin Medan, Senin (17/1). 

Medan (SIB)

Murniati Huber - Lumbantobing berencana membuka Posko Pengaduan Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual. “Ide yang datang dari sejumlah aktivis, khususnya perempuan yang berada di Partai Nasional Demokrat (NasDem), di apresiasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem. Posko itu terintegrasi dengan Partai NasDem dan kemungkinan besar di Sekretariat Partai NasDem SU Jalan Prof HM Yamin Medan,” ujar aktivis itu seusai pertemuan dengan pengurus Partai NasDem dan pegiat sosial lainnya di Medan, Senin (17/1).


Dalam rapat yang dihadiri sejumlah aktivis dan pegiat sosial serta pengurus Partai NasDem, Murni Huber mengurai alasan hingga perlunya posko dimaksud. “Dari sejumlah kasus, angka dugaan tindak kekerasan plus kejahatan seksual, meningkat. Tak hanya menyasar pada perempuan, bahkan pada anak di bawah umur. Banyak kasusnya tak terungkap karena faktor psikologis dan budaya ketimuran,” jelasnya.


Ia miris karena angka kejahatan seksual, dari pekan ke pekan hingga bulan dan tahun, meningkat. Kasus-kasus tersebut membuat aktivis dan instansi semiresmi menglasifikasikan Indonesia darurat kejahatan seksual. “Yang bikin saya geram dan nangis, ada pelakunya dari kalangan agama, pimpinan sekolah agama. Bayangkan... sudah pimpinan sekolah ditambah embel-embel agama. Ini mau apa?”


Menurutnya hasil rapat akan difinalkan untuk disampaikan pada pimpinan Partai NasDem. “Kami menjamin melindungi semaksimalnya para korban kejahatan seksual. Apalagi tergolong di bawah umur. Pengawalan korban, tak hanya maksimal, didekatkan pada hukum positif tapi secara psikis agar korban sembuh dari luka batin. Partai NasDem diyakini memfasilitasi,” tambahnya.


Menurutnya, ide membuka Posko Pengaduan Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual sesegeranya dieksekusi dengan dukungan Partai NasDem. (R10/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com