Musda Dekopinda Labuhanbatu, Sabaruddin Marpaung Diusulkan Jadi Ketua ke Dekopinwil Sumut


231 view
Foto: SIB/Efran Simanjuntak
DIUSULKAN: Ketua Dekopinda Labuhanbatu Sabaruddin Marpaung menyampaikan LPj pada Musda Dekopinda ke-75, Senin (22/3), di Gedung PKK, Jalan WR Supratman Rantauprapat. Sabaruddin Marpaung diusulkan untuk ditetapkan menjadi ketua.
Rantauprapat (SIB)
Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Labuhanbatu berlangsung tertib, Senin (22/3), di Gedung PKK, Jalan WR Supratman Rantauprapat. Sabaruddin Marpaung diusulkan sebagai calon Ketua Dekopinda ke Dekopin Sumatera Utara.

Musda diawali dengan laporan pertanggungjawaban pengurus Dekopin periode 2005-2020. Ketua Dekopinda Sabaruddin Marpaung melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama 5 tahun periodenya. Sabaruddin tidak melaporkan keuangan karena Dekopinda ini tidak mengutip iuran dari gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Menjawab pertanyaan peserta Musda agar transparan dan akuntabel terkait penggunaan keuangan, Sabaruddin menyebut dana hibah dari pemerintah daerah telah dipertanggungjawabkan ke Pemkab Labuhanbatu dan telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan.

"Dekopin tidak mengutip uang dari gerakan koperasi, sehingga tidak ada pertanggungjawaban keuangan kepada anggota, beda dengan koperasi. Anggaran Dekopin dari dana hibah Pemda, sehingga pertanggung-jawabannya ke Pemda dan telah diaudit BPK," jelas Sekretaris Dekopinda, Azly membantu ketua menjawab peserta dalam sidang yang dipimpin Tarmizi.

Setelah sidang pemilihan calon ketua, Sabarudin Marpaung mendapat dukungan 6 koperasi. Sementara 2 bakal calon lain diusulkan masing-masing 1 koperasi, sedangkan syarat minimal didukung 6 koperasi.

"Sabaruddin Marpaung diusulkan ke Dekopin Wilayah Sumatera Utara, karena yang dua lagi tidak memenuhi syarat. Sebab harus dapat 6 dukungan koperasi baru bisa dicalonkan ke Dekopinwil Sumut. Nanti Dekopinwil Sumut yang memutuskan Ketua Dekopinda Labuhanbatu," sebut panitia, Ronal. (E5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com