Musrenbang Simalungun 2021 Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan dan Saluran Irigasi


431 view
Musrenbang Simalungun 2021 Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan dan Saluran Irigasi
Foto Dok
Hotman Petrus Simbolon
Simalungun (SIB)
Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Simalungun Hotman Petrus Simbolon menekankan 4 pilar penting dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat nagori (desa), kecamatan dan kabupaten di tahun 2021.

"Prioritas utama tentang perlunya perbaikan jalan menuju objek wisata, kawasan desa, kecamatan sampai kabupaten untuk memperlancar arus transportasi, terutama dalam proses pemasaran hasil-hasil pertanian," kata Simbolon di Pamatangraya, Minggu (10/1).

Menurutnya, cukup banyak ruas jalan di Kabupaten Simalungun yang kini mengalami rusak berat, sehingga dibutuhkan perencanaan pembangunannya lewat Musrenbang.

Sementara itu, pilar lainnya yaitu tentang perlunya penanaman dan pemeliharaan pohon, baik di luar register maupun kawasan register kehutanan. Dalam hal ini, masyarakat diharapkan ikut berperan mencegah penebangan pohon agar lingkungan dapat tetap terpelihara dengan baik.

"Pilar ini juga sangat perlu dijadikan prioritas dalam pembahasan di Musrenbang. Selama ini sangat jarang dibicarakan soal pemeliharaan lingkungan pada Musrenbang," ujarnya.

Dasar pemikirannya menyebut, pentingnya menjaga dan merawat lingkungan menyikapi munculnya sejumlah tanah longsor di Simalungun. Fenomena ini terjadi diduga akibat penebangan pohon sehingga kondisi lingkungan semakin buruk.

Pilar ketiga disebutkan tentang pentingnya perbaikan saluran irigasi sebagai rangkaian untuk meningkatkan produktivitas komoditi pertanian seperti padi. Program ini dinilai cukup bagus untuk menghindari alih fungsi kawasan persawahan.

"Pilar selanjutnya, perlu ditingkatkan penyaluran bantuan pemerintah pusat maupun daerah seperti penyediaan pupuk, Saprodi, alat-alat pertanian dan bibit unggul," imbuhnya. (S05/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com