Nakes di Siantar-Simalungun Diminta Monitor Penyebaran Varian Mu


122 view
Nakes di Siantar-Simalungun Diminta Monitor Penyebaran Varian Mu
(iStockphoto/koto_feja)
Ilustrasi virus corona. 
Pematangsiantar (SIB)
Para tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas maupun bidan desa diminta tetap proaktif monitor perkembangan penyebaran Covid-19 varian Mu di Siantar-Simalungun.

Kadis Kesehatan Simalungun dr Lidya Saragih dan Dirut Rumah Djasamen Pematangsiantar dr Maya Damanik, Selasa (12/10) menyampaikan hal senada, meminta agar seluruh Nakes di dua daerah tersebut proaktif melakukan pengamatan terhadap perkembangan penyebaran virus Covid-19 di masing-masing tempat kerjanya.

Lidya Saragih menyampaikan, tugas rutin para Nakes selain sosialisasi prokes, para Nakes juga menjadi garda terdepan penanganan kesehatan masyarakat. “Jangan pernah lengah memonitor perkembangan penyebaran varian Mu," tegasnya.

Berdasarkan data terkonfirmasi Covid-19 di Simalungun diakui menurun dalam beberapa hari terakhir. Namun, tidak dipungkiri munculnya varian baru. "Kita seluruhnya dari berbagai lapisan, khususnya para Nakes diminta tetap waspada menuruti prokes," tandas Lidya.

Sementara itu, rasa keprihatinan juga disampaikan dr Maya Damanik terkait perkembangan Covid-19 varian Mu di beberapa negara. Diakui, tidak tertutup kemungkinan merambat ke Indonesia. Karenanya, semua elemen terutama pekerja yang berhubungan dengan orang lain agar tetap waspada, turuti prokes.

"Personel Nakes Rumah Sakit Djasamen di mana pun bertugas, diminta harus siap monitor penyebaran Covid-19 varian Mu khusunya di Kota Pematangsiantar," sebut Maya.

Selain di Rumah Sakit Djasamen, para dokter dimungkinkan memberikan layanan kesehatan di tempat lain atau buka layanan praktek pribadi, dalam hal ini yang bersangkutan diharapkan senantiasa waspada, sekaligus monitor perkembangan penyebaran varian Mu. (BR4/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com