Negara Bisa Kukuh Bertahan Jika TNI, Polri Menyatu dan Partai Nasionalis, NU Tetap Ada


234 view
Negara Bisa Kukuh Bertahan Jika TNI, Polri Menyatu dan Partai Nasionalis, NU Tetap Ada
Foto : Istimewa
Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Capt Dr Anthon Sihombing MM MMar.

Pematangsiantar (SIB)

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Capt Dr Anthon Sihombing MM MMar menegaskan, harus diingat, negara bisa kukuh bertahan jika TNI, Polri menyatu, dan partai nasionalis serta Nahdlatul Ulama (NU) tetap ada, untuk menjaga kestabilan negara ke masa mendatang.


"Kalau salah satu komponen yang ada ini hilang, pemerintah sangat sukar menjaga kestabilan secara keseluruhan," kata penyandang Dokter Ilmu Pemerintahan tersebut, Minggu (26/6) sembari menyarankan, Jokowi menjadi ketua salah satu partai nasionalis di Indonesia.


"Jokowi itu sebagai pendulung atau penyeimbang, menurut pendapat kita, menjadi ketua salah satu partai nasional, atau dia salah satu Wakil Presiden 2024. Karena, banyak hal-hal positif yang telah dilakukan Jokowi. Contoh, dulu jaman Orde Lama (Orla), rasionalisasi perusahaan-perusahaan dari Belanda ke Indonesia," ujar Dewan Pakar Partai Golkar tersebut.


Dosen Sekolah Pascasarjana di Universitas Satyagama tersebut juga menyampaikan, pada jaman Orde Lama, Presiden Sukarno banyak mengumandangkan pengakuan yang absolut dari negara-negara luar di dunia, dan juga gotong-royong, holopis kuntul baris, penyatuan politik Nasionalisme, Agama dan Komunisme (Nasakom) serta berdikari.


"Pada saat itu, ekonomi Indonesia masih sangat memprihatinkan. Masa Orde Baru (Orba), hutang kita banyak, minyak kita dikuras dan dikuasai oleh pihak tertentu, termasuk pihak asing, karena untuk memulihkan ekonomi kita, sehingga Suharto disebut bapak pembangunan. Dan era sesudah reformasi, kita sangat banyak mempunyai batu bara dan tambang lainnya," ungkap Ketua Bidang Politik Soksi tersebut.


Lanjut Anthon, di era Jokowi sudah nol, digali sekarang nikel, digali hasil tambang lainnya, dan mencari investor investor asing. Jadi upaya-upaya yang dilakukan Jokowi selama ini, harus kita acungkan jempol. (D8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com