Nias Barat Gelar Festival Pesona Aekhula 1-5 Juni


433 view
Nias Barat Gelar Festival Pesona Aekhula  1-5 Juni
(Foto: harianSIB.com/Evy Daeli)
SAMPAIKAN ARAHAN: Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu  menyampaikan arahan pada rapat koordinasi persiapan event FPA, di Aula Soguna Ba Zato, Senin (25/4/2022).

Lahomi (harianSIB.com)

Pemerintah Kabupaten Nias Barat dikoordinir Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Nias Barat, akan menggelar Festival Pesona Aekhula (FPA) pada 1-5 Juni 2022.


Untuk mempersiapkan event tersebut, Bupati Nias Barat Khenoki, didampingi Sekda Nias Barat Fakhili Gulo bersama Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat dan kepala desa se-Kepulauan Nias, TNI/Polri, tokoh masyarakat dan BUMN serta BUMD melakukan rapat koordinasi, di Aula Soguna Ba Zato, Senin (25/4/2022).


Khenoki Waruwu mengakui pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya angka kunjungan wisatawan, yang membuat pendapatan perekonomian Pemkab Nisbar turun drastis. Untuk itu, ia meminta seluruh pihak di jajaran pemerintahan baik legislatif maupun eksekutif untuk serius memulihkan perekonomian serta membangkitkan gairah pariwisata dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah, melestarikan budaya danmengembangkan kerajinan tangan khas daerah, salah satunya dalam mendukung FPA.

"Perlu ada semangat gotong royong dan kerja sama bersama. Jika event ini sukses, berarti keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat. Walaupun Covid-19 masih ada, tetap semangat, jangan jadikan penghalang untuk terus berkreativitas, berkolaborasi dan saling bersinergi," ujar Khenoki.


Lanjutnya, penyelenggaraan FPA tahun ini berpedoman pada falsafah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Untuk itu, semua mempunyai tanggungjawab dan peran penting,


"Event ini merupakan pesta budaya rakyat Kabupaten Nias Barat . Saya ajak masyarakat semua mengambil bagian. Bahkan, bila perlu menjadi pelaku utama yang memeriahkan festival tersebut," ujarnya.


Dijelaskannya, pada acara puncak nanti akan ada atraksi pemukulan 105 gendang (gendra) dan 8 gong (aramba) yang memiliki makna bahwa angka 105 mewakili 105 desa di Kabupaten Nias Barat dan angka 8 menandai 8 kecamatan di Kabupaten Nias Barat, yang menandai kebersamaan dan gotong royong segenap lapisan masyarakat. Mari kita gairahkan Pariwisata Kabupaten Nias Barat," pungkasnya.


Sementara itu, Kadis Disparbud Nisbar,

Aprilia Imelda Hia menjelaskan event Festival Pesona Aekhula yang telah masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022, yang berhasil masuk di jajaran elit kalender event nasional mengangkat tema 'The Spirit of Aekhula'.


"Dana pelaksanaannya bersumber dari APDB sebesar Rp246 juta dan Rp240 juta sumbangan dari Kemenparekraf RI.


Diharapkan dana lainnya bersumber dari edaran proposal. Kita harapkan semuanya dapat menyukseskan event ini, karena jika tidak berhalangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) akan hadir," ujarnya.


Adapun rangkaian acara di antaranya, lomba Aekhula voice, festival kerajinan tangan, kuliner, layang-layang , spot foto, mancing mania, bazzar. Untuk informasi lomba dapat menghubungi langsung kontak person Hope Gulo (085262928861) dan Vitas Sarumaha (081363107118). (*)

Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com