Nisbar Harapan I Lomba Inovasi Daerah 2022, Bupati: Ini Berkat Kerja Sama yang Baik


123 view
Nisbar Harapan I Lomba Inovasi Daerah 2022, Bupati: Ini Berkat Kerja Sama yang Baik
(Foto: Dok/Dinas Kominfo Nisbar)
TERIMA HADIAH: Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menerima hadiah Lomba Inovasi Daerah  dari Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Medan, Selasa (6/12/2022).

Nias Barat (harianSIB.com)

Inovasi Aplikasi Santunan Duka di bawah kepemimpinan Khenoki-Era membawa harum nama keluarga besar Pemkab Nisbar, karena terpilih menjadi juara harapan I pada lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 yang dikoordinir Badan Penelitian dan Pengembangan.


Atas keberhasilan itu, Pemkab Nisbar menerima hadiah dan penghargaan dari Pemprov Sumut yang diserahkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (6/12/2022).


Adapun manfaat aplikasi itu sehingga meraih juara, menurut Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara, Prof Harmein Nasution, karena dapat meningkatkan manajemen atas inovasi yang dikelola secara profesional untuk mencapai tujuan yang diharapkan.


Selain itu, lomba inovasi daerah bisa menjadi memotivasi untuk mempercepat pertumbuhan kinerja organisasi.


Sementara itu, Gubernur Edy mengatakan, lomba inovasi daerah mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan daerah kabupaten/kota dapat terus menciptakan inovasi-inovasi.


“Inovasi ini membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada dan bermanfaat bagi orang lain," katanya.


Bupati Nisbar, Khenoki Waruwu menyampaikan keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerja sama yang baik, serta kerja keras semua OPD di Kabupaten Nias Barat.


"Tidak gampang meraih ini, dari 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara, kita berhasil menjadi juara harapan I. Ini adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama seluruh OPD. Kiranya hal ini menjadi motivasi bagi seluruh OPD dan ASN untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," katanya.


Lanjutnya, program pemberian santunan duka merupakan programnya sebagai Bupati yang dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian untuk mengurangi beban keluarga yang mengalami duka.

Maka untuk membantu mempercepat pelaporan data kematian dan mempercepat penyaluran santunan duka kepada keluarga yang mengalami duka, dibangun Aplikasi Santunan Duka berbasis website yang dikelola Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.


Khenoki mengatakan, pemberian santunan duka sangat bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat terutama untuk membantu biaya pemakaman seperti peti mati, acara adat dan kemudahan pengurusan dokumen kematian.


Di samping itu, kata dia, masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah pada setiap kondisi yang mereka alami dan bukti kepada masyarakat pemerintah daerah hadir untuk berbuat dan melayani masyarakat untuk Soguna Ba Zato. (*)


Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com