Oknum Polisi Bertugas di Simalungun yang Ditangkap Polres P Siantar Ditangani Polda Sumut


2.143 view
SIB/Dok
Briptu RF (kaus putih) dan dua wanita inisial RD dan E saat digerebek petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar di satu rumah kontrakan di Jalan Sumber Jaya P Siantar, Sabtu (11/8) lalu.
Pematangsiantar (SIB)- Setelah menjalani pemeriksaan enam harinya lamanya di Polres Pematangsiantar terkait dugaan keterlibatan Narkoba, oknum polisi yang bertugas di Polres Simalungun Briptu RF (26) yang ditangkap bersama dua wanita inisial RD dan E di satu rumah kontrakan di Jalan Sumber Jaya  P Siantar, Sabtu (11/8) lalu, diserahkan  ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Doddy Hermawan SIK saat dikonfirmasi wartawan SIB via selulernya, Kamis (16/8) siang membenarkan telah menyerahkan tersangka, berkas administrasi dan barang bukti dugaan narkoba yang disita dari oknum polisi Briptu RF yang bertugas di Polres Simalungun seberat 12,98 gram dan barang lainnya untuk ditangani Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut.

Dari hasil penyidikan baik yang digelar perkara di Polres Pematangsiantar dan di Polda Sumut kedua wanita RD dan E statusnya hanya sebagai saksi, karena tidak mengetahui pasti di dalam botol permen Xylitol berisikan dugaan narkoba milik Briptu RF saat penggerebekan petugas.

Diterangkan, Briptu RF diketahui kelahiran Langsa Kota Langsa Provinsi Aceh ditangkap di rumah kontrakan miliknya bersama dua teman wanitanya.

Barang bukti berupa satu botol permen merk Xylitol yang berisi lima paket sabu yang dibungkus dengan lakban kertas dan satu paket sabu yang dilakban kertas seberat 12,98 gram, satu timbangan digital, dua sendok yang terbuat dari pipet, satu lakban kertas serta dua buah handphone merk Samsung disita.

Sebelum penangkapan awalnya petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar mendapatkan informasi masyarakat menyebutkan di satu rumah kontrakan dihuni Briptu RF di Jalan Sumber Jaya Siantar diduga dijadikan bertransaksi Narkoba.

Petugas melakukan penyelidikan ke rumah dimaksud dengan melakukan pemantauan dan melihat kecurigaan banyak orang silih berganti berdatangan dan pulang menggunakan sepedamotor ke rumah kontrakan dihuni Briptu RF, Sabtu (11/8) dini pagi sekira pukul 01.20 WIB.

Setelah diyakini lokasi rumah diduga tempat bertransaksi Narkoba dan suasana sudah mulai sepi dengan sigap petugas yang melakukan pemantauan langsung menggerebek lokasi rumah yang dihuni Briptu RF.

Saat digerebek, petugas mendapatkan Briptu RF yang merupakan oknum polisi bertugas di Polres Simalungun didapati di kamar bersama dua wanita berinisial RD dan E.

Kamarnya digeledah dan petugas menemukan di atas lemari kain milik Briptu RF ada satu botol permen merk Xylitol dan dibuka isinya berisikan satu tissu yang dilakban dan isinya ada lima paket sabu dan satu paket sabu yang dibungkus dengan lakban kertas, satu sendok yang terbuat dari potongan pipet. Di samping tempat tidur ada satu timbangan digital warna hitam merk IS dan kemudian ditanyakan siapa pemilik kamar dan botol permen merk Xylitol yang berisi sabu itu, Briptu RF mengakuinya.

Tak hanya itu Briptu RF menerangkan barang sabu itu didapatnya dengan cara disisihkannya dari barang bukti Narkoba milik para tersangka yang berhasil ditangkapnya sewaktu bertugas di Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun. Keseluruhan barang bukti bersama Briptu RF dan dua teman wanitanya diboyong ke Polres Pematangsiantar untuk penyidikan.

Ditambahkan Kapolres, untuk kedua wanita berinisial RD dan E saat menjalani pemeriksaan oleh penyidik Satnarkoba Polres Pematangsiantar masih berstatus sebagai saksi karena tidak mengetahui bahwa di dalam botol permen Xylitol berisikan sabu.

"Kedua wanita itu masih berstatus saksi dari hasil gelar perkara baik di Polres Pematangsiantar maupun di Polda Sumut. Namun pihaknya tetap melakukan pengembangan apakah nantinya ada keterlibatan dari kedua wanita itu," tegas Kapolres. (D11/f)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com