Ombudsman RI Tinjau Pasilitas Layanan Kedatangan WNI dan WNA di Bandara Kualanamu


175 view
Ombudsman RI Tinjau Pasilitas Layanan Kedatangan WNI dan WNA di Bandara Kualanamu
Foto.SIB/Lisbon Situmorang
TINJAU : Kepala Otban Kualanamu Agutono (kiri) menjelaskan alur fasilitas layanan kedatangan WNI dan WNA kepada tim Ombudsman RI, Rabu (19/5) di Bandara Kualanamu.
Kualanamu (SIB)
Tim Ombudsman RI meninjau fasilitas pelayanan dan pemeriksaan kedatangan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) maupun WNA (Warga Negara Asing) dari luar negeri ke Sumut melalui Bandara Internasional Kualanamu, Rabu (19/5) di Deliserdang.

Tim dipimpin Kepala Bidang Penegakan Hukum Ombudsman RI, Yustus Maturbongs didampingi Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abiyadi Siregar dan disambut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan Agutono didampingi Kabid Kauku, Sarmanto dan Kabid pengoperasian dan pelayanan Maraden Purba.

Usai meninjau, Yustus Maturbongs kepada sejumlah wartawan menjelaskan pihaknya meninjau dan memastikan alur fasilitas pelayanan Satgas Covid-19 yang di dalamnya ada Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Otban terkait penyelenggaraan pemerintah untuk melayani kedatangan WNI atau Tenaga Kerja Indonesia dan WNA yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Layanan itu harus disesuaikan dengan implementasi di lapangan. Pengamatan sementara di Bandara Kualanamu sudah membuat jalur khusus dan tidak berbaur dengan jalur umum. Intinya melihat persiapan atau kesigapan pemerintah daerah dalam hal pencegahan virus corona terkait kepulangan WNI dan WNA yang masuk ke Indonesia.

“Fasilitas layanan sudah baik, namun kita akan lihat jika ada kedatangan dari luar negeri, apakah jumlah SDM sudah sesuai dengan jumlah yang dilayani, termasuk kordinasi antar stakeholder,” jelas Yustus Maturbongs. (C1/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com