PAC IPK Girsang Sipanganbolon Tanam 1.000 Pohon di Lahan Kritis Perbukitan Parapat


136 view
PAC IPK Girsang Sipanganbolon Tanam 1.000 Pohon di Lahan Kritis Perbukitan Parapat
Foto SIB/Linggom Parhusip
TANAM: Para Pengurus IPK Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun menanam 1.000 pohon di perbukitan Danau Toba yang kritis di daerah Kelurahan Parapat, Jumat (23/7).
Parapat (SIB)
Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pemuda Karya (IPK) menanam 1.000 batang pohon di lahan-lahan kritis di sekitar perbukitan Parapat tepatnya di wilayah Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun, Jumat (23/7).

Ketua PAC IPK Kecamatan Girsang Sipanganbolon Mopho Sinaga dan Penasehat Organisasi, Dharma D Silalahi pada saat pencanangan penanaman pohon mengungkapkan, tujuan penanaman 1.000 jenis pohon untuk mereboisasi dan mengkonservasi lahan-lahan kritis di perbukitan Danau Toba di daerah Kelurahan Parapat.

"Perbukitan di daerah Kelurahan Parapat sering terjadi longsor, maka ditengah situasi pandemi saat ini IPK berkontribusi untuk menanam 1.000 pohon berakar tunggal dan berbuah khusus di areal perbukitan Danau Toba Parapat yang kritis agar dapat mengantisipasi bencana longsor ke depan," ujar Sinaga.

Disampaikannya penanaman 1.000 pohon akan digelar selama satu minggu ke depan hingga seluruh pohon tertanam di areal perbukitan yang dinilai telah kritis dengan baik dan pohon akan di rawat hingga tumbuh dan besar sesuai dengan harapan sehingga berfungsi untuk mencegah banjir dan longsor di kota wisata Parapat.

Sementara itu, Camat Girsang Sipanganbolon, Maruwandi J Simaibang dalam sambutannya mengapresiasi langkah-langkah IPK Kecamatan Girsang Sipangan-bolon menanam 1.000 pohon di areal perbukitan Danau Toba Parapat yang kritis dalam mengantisipasi bencana alam longor dan banjir.

"Kita berharap pohon tumbuh dengan baik sehingga berfungsi sebagai penahan tanah dalam mengantisipasi bencana alam, banjir dan longsor di kota wisata Parapat ke depan," ujar Marwadi.

Penanaman pohon dihadiri Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Girsang Sipangan-bolon, Camat Maruwandi J Simaibang SP, MSi, Kapolsek Parapat IPTU Hosea Ginting, Danramil 011 Parapat, Kapten Inf O Sitinjak, Lurah Parapat Rohana Boru Sinaga, Pimpinan DPD IPK Kabupaten Simalungun, Martogi Sinaga, Sekretaris Sefri Ijon Saragih, Bendahara Jon Ervin Sinaga dan Penasehat Belek Sinambela. (D9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com