PDIP Belum Bahas PAW Terdakwa Tindak Pidana Korupsi Cetak Sawah di Dairi


240 view
Foto Dok/Leo Bukit
PDI Perjuangan
Medan (harianSIB.com)

DPD PDI Perjuangan Sumut belum membahas Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sumut Anwar Sani setelah ditetapkan Kejaksaan Negeri Dairi sebagai terdakwa tindak pidana korupsi cetak sawah di Desa Simungun, Kabupaten Dairi.

"Status PAW Anwar Sani di legislatif belum ada dibahas di partai, sebab kita masih menunggu kelanjutan kasusnya dari Kejaksaan Negeri Dairi," kata Wakil Ketua Bidang Hukum DPD PDI Perjuangan Sumut H Alamsyah Hamdani SH kepada harianSIB.com di Medan, Kamis (6/5/2021).

Mantan anggota DPRD Sumut ini mengaku partainya bisa memberikan bantuan hukum dalam permasalahan tersebut. Namun saat ini Anwar Sani sudah memiliki penasehat hukum (pengacara) secara pribadi.

"Memang partai kita bisa memberikan bantuan hukum, tapi beliau sudah memiliki pengacara sendiri. Jadi, kita menunggu perkembangan kasusnya," ungkapnya.

Disinggung sikap partai atas kasus menimpa Anwar Sani tersebut, ia enggan mengomentari lebih lanjut. Sebab kasus tersebut belum ada keputusan final dari pengadilan.

"Kita tidak boleh menghukum duluan melalui sikap kita terhadap kasus yang menimpa beliau, sebab dia bisa membela diri dalam pengadilan. Benar atau salah, kita tunggu dari pengadilan," ujarnya sembari berharap Anwar Sani bisa bebas dari dakwaan kejaksaan di pengadilan.

Seperti diketahui, Kejaksaan Negeri Dairi mengeksekusi atau melakukan penahanan Anwar Sani Tarigan terdakwa tindak pidana korupsi cetak sawah di Desa Simungun, Dairi ke Rutan Kelas 2B Sidikalang, Rabu (5/5/2021) pukul 02.00 WIB.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Dairi, Andri Dharma, Rabu (5/5/2021) di ruangannya mengatakan, terdakwa Anwar Sani dijemput tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke RS Mitra Sejati Medan.

Anwar Sani sempat dirawat karena kondisi kesehatannya drop sesuai informasi dari keluarga. Dikatakan, terdakwa merasa syok mulai dari mendengar penetapan penahanan oleh Hakim Pengadilan Tipikor Medan, hingga dibawa ke rumah sakit.

Diakuinya, Anwar Sani Tarigan merupakan anggota DPRD Sumut aktif dari fraksi PDIP. Eksekusi atau penahanan sesuai penetapan hakim Pengadilan Tipikor Medan pada saat sidang kedua agenda pembacaan eksepsi, Senin (3/5/2021). (*)
6 Mei 2021

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com