PGRI Taput Gelar Seminar, Nikson Ingin Guru dan Murid Miliki Semangat Nasionalisme


322 view
PGRI Taput Gelar Seminar, Nikson Ingin Guru dan Murid Miliki Semangat Nasionalisme
Foto Dok/Kominfo
PEMBICARA : Bupati Taput, Nikson Nababan (tiga dari kiri), BPMP Dr Drs Rasmin Simbolon MPd, akademisi UNITA Melina SSi MHum dan Dr Meslin Silalahi MPd menjadi pembicara dalam Seminar Nasional dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka” yang diselenggarakan oleh PGRI Taput di Aula SMA Swasta HKBP 2 Tarutung, Sabtu (3/9). 

Tapanuli Utara (SIB)

Jiwa nasionalisme harus dimiliki guru dan murid. Jiwa nasionalisme tersebut harus melekat pada diri masing-masing terlebih kepada murid karena dengan rasa nasionalisme maka akan dapat menjaga kebhinekaan dan azas gotong royong.

Begitu juga penerapan jiwa nasionalisme agar terus dipertahankan baik Kepala Sekolah, guru dan terlebih murid guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Jiwa nasionalisme kunci guru dan murid sukses.

Demikian diungkapkan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan yang juga Dewan Pembina Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) saat didaulat menjadi pembicara pada Seminar Nasional dengan mengusung tema sesi, "Kurikulum Merdeka dan Peningkatan SDM" dimoderatori Selpiana Simbolon SPd MPd di Aula SMA Swasta HKBP 2 Tarutung, Sabtu (3/9).

Bupati yang juga anak guru itu mengajak agar pelopor - pelopor pendidikan seperti guru dan Kepala Sekolah tetap semangat dalam hal berinovasi untuk menciptakan murid dengan SDM yang berkualitas.

Pengurus PGRI juga mengundang sederet pembicara dari kalangan akademisi dan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP). Sesi kedua seminar juga dimoderatori oleh Selpiana Simbolon.

Salah satu pembicara pada sesi tersebut adalah BPMP Dr Drs Rasmin Simbolon MPd yang membahas topik "Implementasi Kurikulum Merdeka".

Pembicara pada sesi III adalah akademisi dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA), Melina SSi MHum yang membahas topik, "Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) Kurikulum Merdeka" yang dimoderatori Tinor R Tampubolon.

Sedangkan pembicara sesi IV adalah dari akademisi UNITA, Dr Meslin Silalahi MPd dengan moderator Tinor R Tampubolon yang mengusung topik "Kurikulum Merdeka pada SMP".

Sebelumnya, Ketua Umum PGRI Drs Alpa Simanjuntak MPd dalam laporannya menyampaikan, tujuan penyelenggaraan seminar tersebut adalah agar para kepala sekolah dan guru dapat memahami Kurikulum Merdeka agar dapat mengetahui struktur, strategi serta proses pembelajaran kurikulum Merdeka yang akan diterapkan oleh para guru.

Seminar dihadiri Kadis Pendidikan, Bontor Hutasoit, Kadis Sosial, Bahal Simanjuntak, Kabag Protokol, David Nainggolan, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang juga Sekretaris PGRI, Torus Manuntun Nababan SPd MPd, para Kepala Sekolah di 15 Kecamatan dan perwakilan guru. (Rel/BR6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com