PJT I Tanam 150 Ribu Pohon di Kawasan Danau Toba


101 view
PJT I Tanam 150 Ribu Pohon di Kawasan Danau Toba
Internet
Perum Jasa Tirta (PJT) I bersama dengan Pemkab Toba melakukan penanaman 150 ribu batang pohon di sekitar area Danau Toba.
Toba (SIB)
Perum Jasa Tirta (PJT) I bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba menanam 150 ribu pohon di kawasan Danau Toba. Penanaman pohon dilakukan di areal lahan kritis seluas 250 hektare yang berada di 5 desa dan 5 kecamatan daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba.

Pada Jumat (3/9) penanaman dilakukan di lahan seluas 20 hektare di Desa Sionggang Tengah, Kecamatan Lumbanjulu.

Penanaman dilakukan Direktur Operasional (Dirops) PJT I, Gok Ari Joso Simamora bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus dan perwakilan Inhutani IV selaku pelaksana konservasi, Kejaksaan Negeri Toba, Forkopimda Toba, serta masyarakat.

Adapun bibit pohon yang ditanam adalah jenis buah dan kayu, di antaranya kopi, alpukat, durian, jengkol, petai, pinus dan kemiri.

Direktur Operasional (Dirops) PJT I mengatakan, penanaman pohon itu dinisiasi oleh PJT I untuk mengatasi banyaknya lahan kritis yang berpotensi menimbulkan erosi dan sedimentasi. "Program ini kami lakukan mulai September ini hingga Desember. Seluruh pembiayaan dari kami dengan pelaksana pihak Inhutani IV," katanya.

Ia berharap, bibit pohon yang ditanam bisa dijaga dan dirawat agar tumbuh dengan baik. Untuk itu, ia juga meminta Inhutani IV melibatkan masyarakat agar turut menjaga bibit yang telah ditanam. Bupati Toba mengucapkan terima-kasih pada PJT I bekerjasama dengan Inhutani IV dalam melakukan upaya konservasi di Danau Toba. "Saya lihat, tanahnya luas, tapi pohonnya tidak ada. Ada pohon tapi pohon jagung. Ini masuk kategori lahan kritis karena rawan longsor," katanya.

Ditanya mengapa pelaksanaan dilakukan jelang akhir tahun, kata dia, menyesuaikan dengan cuaca di wilayah Sumatera. "Berbeda dengan di Jawa. Kalau di Sumatera bulan September ini sudah mulai hujan sehingga akan lebih efektif dan bibit yang ditanam bisa hidup. Kalau waktu kemarau, pasti mati," jelasnya.

Untuk penanaman pohon di wilayah Kabupaten Toba itu menyasar lima desa di lima kecamatan. Seluruh lokasi masuk dalam kategori lahan kritis yang berada dekat dengan Danau Toba.

Bupati Toba mengucapkan terima kasih pada PJT I yang bekerjasama dengan Inhutani IV dalam melakukan upaya konservasi di Danau Toba.

"Pohon yang kita tanam harus dipelihara dengan baik. Banyak keuntungannya. Di samping menahan air juga supaya tidak erosi dan bisa menghasilkan oksigen. Buahnya bisa dinikmati," jelasnya. (G1/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com