PKKMB UNITA Dilaksanakan Secara Virtual


192 view
PKKMB UNITA Dilaksanakan Secara Virtual
(Foto Dok/PR III UNITA)
Virtual: Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) tahun akademik 2021 / 2022 yang dilakukan secara virtual. 
Tapanuli Utara (SIB)
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) tahun akademik 2021 / 2022 dilaksanakan secara virtual, Sabtu (25/9).

Rangkaian kegiatan PKKMB yang dilaksanakan secara virtual tersebut meliputi, pemaparan dari Rektor UNITA, Dr Adriani SA Siahaan MP, pemaparan bidang akademik dari Pembantu Rektor (PR I) Talenta Marbun, SE MSi, pemaparan bidang administrasi dan keuangan dari Pembantu Rektor (PR II) Artha J Hutahayan, SP MSi, pemaparan bidang kemahasiswaan dari Pembantu Rektor (PR III) Hotlin Siregar, SE MM, pemaparan bidang kerjasama, Abdimas dan penelitian dari Pembantu Rektor (PR IV) Dr Meslin Silalahi MPd, tayangan video dokumenter UNITA, pengenalan Fakultas dan Prodi, Etalase Budaya dan pengukuhan mahasiswa baru oleh Rektor UNITA.

Rektor UNITA, Dr Adriani SA Siahaan MP dalam sambutannya menyampaikan, pertanggal 25 September 2021, UNITA menerima 193 mahasiswa baru yang di antaranya 49 mahasiswa KIP.

"Pada awal sementer ganjil tahun ajaran 2021 / 2022 ini, kita masih berada di masa pandemi dan harapan kita bersama dapat melalui masa untuk waktu ke depan melakukan hidup normal. Tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap melangkah berkreasi membangun pribadi yang lebih baik. Pada masa pembelajaran daring saat ini, beberapa hal yang penting diperhatikan yakni, manajemen waktu, memilih tempat belajar yang nyaman, para mahasiswa harus dapat menggali informasi sendiri dan jangan putus komunikasi, serta para mahasiswa punya dosen wali seperti ibu asuh dan membantu mahasiswa selama waktu perkuliahan," kata Rektor.

Sementara PR I Talenta Marbun, SE MSi dalam pemaparannya menjelaskan, pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa / mahasiswi baru tahun akademik 2021 / 2022, masa studi dan cuti kuliah, kartu rencana studi (KRS) dan kartu hasil studi (KHS), tips mengerjakan tugas akhir atau skripsi tepat waktu, pemaparan Kampus Merdeka sesuai dengan Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pembantu Rektor II Artha J Hutahayan, SP, MSi, menjelaskan, bidang administrasi dan keuangan dimana PR II membantu Rektor dalam menangani administrasi dan keuangan.

"Kemudian biaya studi yang terdiri dari SPP mahasiswa tahun ajaran 2021/2022 yang meliputi reguler, pararel dan int course. Macam - macam biaya studi yakni, pendaftaran, administrasi, asuransi kecelakaan, biaya tugas akhir, biaya semester pendek dan biaya wisuda," terangnya.

PR II juga mejelaskan, batas akhir pembayaran uang kuliah. Konsekuensi mahasiswa yang terlambat membayar uang kuliah yakni, sanksi akademik dan sanksi administrasi.

Selanjutnya, Pembantu Rektor III, Hotlin Siregar, SE, MM dalam pemaparan bidang kemahasiswaan menjelaskan, tugas pokok PR III yakni, mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan, pembinaan mahasiswa dalam pengembangan sikap dan orientasi, pelaksanaan program daya penalaraan mahasiswa yang sudah diprogramkan, pelaksanaan kerjasama dalam negeri dengan berbagi pihak dan bidang kemahasiswaan.

"Kemudian mengkoordinir kegiatan kemahasiswaan dalam bidang KIP, beasiswa dan uang kuliah tunggal. Selanjutnya pengelolaan data kegiatan kemahasiswaan dan hubungan alumni, mengkoordinir Ikatan Alumni UNITA, mengkoordinir trace studi dan berkoordinasi dengan PR I, PR II dan PR IV," terangnya.

Pembantu Rektor IV, Dr Meslin Silalahi, MPd menjelaskan, Tri Dharma yakni, kerjasama, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

"Tugas pokok dari kerjasama yakni, mengkoordinasikan kegiatan di bidang kerjasama, mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan mutu akademik, melakukan kerjasama berupa penelitian, pertukaran informasi ilmiah yang dianggap penting untuk pengembangan universitas," jelasnya.

Kemudian penelitian dan pengembangan, Meslin menerangkan, hal yang perlu dilakukan perguruan tinggi yakni, SDM Cerdas, kritis, kreatif, tidak sekedar melahirkan perkembangan teknologi dan inovasi baru, memajukan ekonomi, pendidikan dan sosial, menjadi agent of change social control dan mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi terbaik.

"Kemudian untuk program utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni, kerja lapangan, mengamalkan ilmu sesuai dengan fungsinya dan bermanfaat terhadap khalayak ramai dan menerapkan hasil penelitian ke masyarakat agar bermanfaaat," paparnya.

Selanjutnya pengenalan Fakultas dan Prodi dari Fakultas Hukum yang dipaparkan oleh Dekan Fakultas Hukum Elisabeth Damanik SH MHum , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dipaparkan oleh Dekan FKIP Dr Meslin Silalahi MPd, Fakultas Ekonomi yang dipaparkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Joan Berlin Damanik SSi MM dan Fakultas Teknik dipaparkan oleh Dekan Fakultas Teknik Sahat Sitompul ST MT dan pengenalan Fakultas Pertanian dipaparkan oleh Dekan Fakultas Pertanian Ir Rosmalina Sinaga MP.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan etalase budaya yang pertunjukkan melalui video.
Pengukuhan mahasiswa / mahasiswi baru oleh Rektor UNITA, Dr Adriani SA Siahaan, MP dilakukan secara virtual.

Di sesi terakhir, ucapan selamat datang mewakili salah satu mahasiswa yang disampaikan oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Sainaro Tambunan yang menyampaikan, selamat datang dan jangan ragu bergabung di UNITA.

"Tujuan kita disini untuk mengembangkan potensi ilmu. Mari banggakan orang tua dan keluarga kita," ungkapnya. (BR6/F4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com