PLN UIW Sumut Targetkan Nihil Kecelakaan Kerja di Tahun 2023


75 view
PLN UIW Sumut Targetkan Nihil Kecelakaan Kerja di Tahun 2023
Istimewa
PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah (PLN UIW) Sumatera Utara (Sumut).
Medan (SIB)
Pengelolaan aspek Health,Safety, Security, Environment (HSSE) atau Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L) tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, kesalahan manajemen dalam elemen K3L dapat berdampak pada terganggunya operasional dan bahkan lebih serius lagi.

“Kami menyadari vitalnya aspek K3, karena bagi kami karyawan dan dukungan masyarakat sekitar area operasional khususnya, ini adalah asset terpenting perusahaan. Jadi kami selalu berupaya untuk meningkatkan pengelolaan K3 agar aspek Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan terus terjaga,” kata General Manager PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung dalam siaran Pers di Medan, Kamis (14/10).

Menurut Pandapotan, kecelakaan kerja umumnya disebabkan oleh dua aspek, yakni unsafe action dan unsafe condition. Penyebab pertama karena pengabaian terhadap peralatan dan prosedur keselamatan dalam bekerja. Misalnya, pekerja lalai dalam memakai berbagai Alat Perlindungan Diri (APD), seperti helm, rompi, sepatu, sarung tangan dan sebagainya.

Sementara aspek ke dua karena lingkungan kerja yang tidak aman seperti jalan licin, cuaca ataupun infrastruktur kerja yang kurang lengkap.

Kecelakaan kerja itu sendiri biasanya merupakan buah dari pengabaian terhadap puluhan kali insiden near miss, atau hampir celaka. “Sebenarnya kita harus aware kejadian–kejadian penyebabnya kalau ada hampir celaka,” ujarnya.

Atas dasar itu, PLN UIW Sumatera Utara terus berupaya mengurangi tingkat kecelakaan kerja di internal perusahaan. Pada 2023 PLN menargetkan tidak ada lagi kecelakaan kerja (Zero Accident). Salah satu langkah dalam penerapan Zero Accident tahun 2023, PLN telah mempersiapkan pejabat K3L di seluruh unit kerja yang ada di PLN UIW Sumatera Utara.

“Pada aspek keselamatan kerja itu hanya memerlukan pengawasan. Pengawasan yang paling mudah dan efisien itu sebenarnya kepada diri setiap petugas dan karyawan masing-masing. Sehingga tugas keselamatan kerja itu seharusnya bukan hanya tugasnya K3 semata, melainkan seluruh insan PLN,” urai Pandapotan.

Menerapkan berbagai upaya tersebut memang tak mudah. Meski demikian Pandapotan Manurung yakin dengan upaya bersama dan keinginan untuk menjadikan PLN UIW Sumatera Utara dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, maka terwujudnya Zero Accident pada 2023 akan dapat tercapai. (A2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com