PLN UP3 Binjai Beri Kemudahan Bagi Investor


237 view
PLN UP3 Binjai Beri Kemudahan Bagi Investor
(Foto: Dok/Korwalis)
FOTO BERSAMA: Manager PLN UP3 Binjai Arief Rahman Hakim dan Asman  Keuangan dan Umum Surya Sahputra Sitepu, Asman Jaringan dan Konstruksi Lensa Sembiring foto bersama wartawan yang tergabung dalam Korwalis di Binjai, Jumat (3/2). 
Medan (SIB)
PT PLN (Persero) UP3 Binjai yang memiliki wilayah kerja Kotamadya Binjai dan Kabupaten Langkat siap mendukung investor yang masuk. Saat ini PLN memiliki surplus energi sehingga mampu melayani berapa pun daya listrik yang dibutuhkan. Investor diharapkan masuk ke daerah Binjai dan Langkat membuka usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tentunya PLN UP3 Binjai siap mendukung. Bila permohonan masuk listrik tanpa perluasan jaringan, penyambungannya maksimal 5 hari sudah menyala.
Hal itu dikatakan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Binjai Arief Rahman Hakim kepada wartawan di Binjai, Jumat (3/2). Arief Rahman Hakim didampingi Assistant Manager (Asman) Keuangan dan Umum Surya Sahputra Sitepu dan Asman Jaringan dan Konstruksi Lensa Sembiring.
Untuk penyambungan baru atau keperluan layanan listrik, PLN mendorong masyarakat menggunakan aplikasi PLN Mobile yang merupakan bagian dari transformasi PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. PLN Mobile diluncurkan sejak akhir 2020 dan terus dikembangkan dengan berbagai fitur baru untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dan masyarakat.
Ditanya tentang tunggakan pembayaan listrik, Arief Rahman Hakim Manager PLN UP3 Binjai yang sebelumnya tugas di Kalimantan mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat sudah semakin baik untuk membayar rekening listrik. Diakuinya juga, masih ada pelanggan yang belum membayar tagihan rekening listrik sampai batas waktu dengan berbagai alasan.
Untuk itu Arief menghibau masyarakat tertib bayar listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya, untuk menghindari denda ataupun pemutusan aliran listrik.
Dihimbau juga untuk menghindari penggunaan listrik secara illegal, selain perbuatan ini merugikan negara juga membahayakan masyarakat, karena bisa mengakibatkan kecelakaan dan kebakaran karena menggunakan listrik tanpa pengaman dan pembatas.
Arief juga mengakui bahwa penyalahgunaan arus listrik masih ada terjadi di daerahnya. Untuk itu pihaknya terus melakukan sosialisasi bahaya menggunakan listrik ilegal dan pengawasan untuk mengurangi kerugian negara. Bagi yang ditemukan terdapat penyalahgunaan tenaga listrik, tentu dikenakan sanksi denda sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Juga dihimbau kepada masyarakat untuk pohon dan tanaman yang tumbuh di sekitar jaringan listrik direlakan untuk dipangkas/tebang untuk keandalan suplay listrik. Karena salah satu penyebab gangguan suplay listrik bisa disebabkan oleh pohon roboh atau dahan yg patah menimpa jaringan listrik.
Terus Arief mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati bila bekerja di sekitar jaringan PLN, jangan sampai menyentuh kabel listrik atau pasilitas lainnya.
Kita selalu bekerjasama dengan Pemko/Pemkab untuk membersihkan dan merapikan pohon yang dekat ke jaringan.
Pemko/Pemkab juga ikut membuat himbauan agar masyarakat untuk tertib melakukan membayar rekening listrik pada waktunya. Karena pajak penerangan jalan menjadi pendapatan daerah juga, katanya.
Disebutkannya, jumlah pelanggan PLN di Binjai saat ini sekitar 540.592 pelanggan dengan rincian 267.705 yang pasca bayar dan 272.887 pra bayar.
Di akhir wawancara, Arief Rahman menyerahkan cendramata kepada wartawan yang tergabung dalam Korwalis. (A2/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com