PLN UP3 Pematangsiantar Sosialisasikan Tertib Bayar Rekening dan Program Migrasi Listrik Prabayar


191 view
PLN UP3 Pematangsiantar Sosialisasikan Tertib Bayar Rekening dan Program Migrasi Listrik Prabayar
Foto Dok/Humas UP3
PRA BAYAR : Camat Silimakuta, Janchrisdo Damanik SSTP MA disaksikan Manager PLN UP3 Pematangsiantar, Joy Mart S Sihaloho melakukan migrasi ke pra bayar terhadap listrik di kantor kecamatan, Jumat(23/7).
Simalungun (SIB)
PLN UP3 Pematangsiantar sosialisasikan tertib pembayaran rekening listrik dan program migrasi listrik pra bayar kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun, Jumat (23/7).

Manager UP3 Pematang-siantar, Joy Mart S Sihaloho mengatakan, 4.190 pelanggan di Kecamatan Silimakuta 40 persen merupakan pelanggan pra bayar dan 60 persen pasca bayar.

"Pelanggan di Kecamatan Silimakuta masih rendah pembayaran listriknya dan hal ini berdampak kepada pendapatan PLN dan PAD Kabupaten Simalungun dari pajak penerangan lampu jalan. Padahal pendapatan PLN ini bertujuan membeli bahan bakar pembangkit, memelihara jaringan dan kebutuhan lain sedangkan pajak dari penerangan lampu jalan untuk kelangsungan pembangunan di Kabupaten Simalungun," katanya.

Ia juga mengajak untuk mensosialisasikan tertib membayar listrik kepada masyarakat lainnya dan dengan begitu, masyarakat bersinergi dengan PLN, pemerintah daerah. Oleh karena itu, PLN mengajak masyarakat untuk beralih ke pelanggan prabayar atau listrik pintar.

Adapun keunggulan listrik pintar yaitu bebas sanksi pemutusan, bebas biaya beban, bebas tagihan rekening minimum, bebas biaya keterlambatan, terkendali dalam pemakaian listrik dan isi ulang mulai Rp 20.000. Jika ingin beralih dari listrik pasca bayar ke listrik prabayar atau listrik pintar tidak dikutip biaya atau gratis, ujarnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengenalkan PLN Mobile yang cukup didownload dari Play Store Smart Phone dan Aplikasi PLN Mobile ini sangat memudahkan masyarakat untuk menambah daya atau menyampaikan keluhan terkait listrik.

Sementara itu, Camat Silimakuta, Janchrisdo Damanik SSTP MA mengucapkan terima kasih kepada PLN yang bersedia meluangkan waktu menyampaikan sosialisasi tertib pembayaran listrik dan diakuinya masyarakat di Silimakuta rendah dalam pembayaran listrik sehingga dengan adanya sosialisasi ini, kesadaran masyarakat akan bertumbuh.

Di sela-sela sosialisasi, ada 6 pelanggan beralih ke prabayar. (D7/D5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com