PPKM Level 3 di Taput Masuk Kategori Rawan Covid


139 view
PPKM Level 3 di Taput Masuk Kategori Rawan Covid
Foto Dok
Saroha Nababan
Tapanuli Utara (SIB)
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berada dalam status rawan dalam penyebaran Covid-19. Meski angka kematian kasus Covid-19 tidak terlalu tinggi.

"Sepekan terakhir kondisi tiap hari terjadi pertambahan secara signifikan kasus warga yang terpapar Covid-19 sehingga bupati menerbitkan surat edaran PPKM mikro," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Taput, Saroha Nababan saat dihubungi SIB melalui selulernya, Senin (26/7).

Menurut dia, pertambahan kasus Covid-19 tiap harinya rata-rata di atas 30 orang warga terkonfirmasi Covid-19. "Bahkan 10 hari belakangan ini, sesuai dengan pantauan Dinas Kesehatan, penambahan kasus Covid-19 ada sekitar 150-300 kasus tiap harinya yang terjadi," ujarnya.

Sedangkan terjadinya peningkatan kasus sesuai survei katanya akibat transmisi kasus. "Artinya, penduduk yang keluar kota dan penduduk luar yang masuk ke Taput termasuk juga pesta sehingga dapat menimbulkan resiko penularan," ucapnya.

Adapun metode pelacakan itu melalui Tracing, Tracking dan Treatment (3T). "Ya, kan jumlah testing kita meningkat. Sehingga hasil yang didapat banyak," imbuhnya.

Ia berharap, masyarakat lebih patuh dan terus menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat agar terhindar dari virus corona.

Ia menambahkan, selain memperkuat 3 T, Dinas Kesehatan juga melakukan sosialisasi memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan mengurangi mobilitas (5 M) serta perawatan Intensif bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dengan gejala ringan. (F3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com