PPKM di Sumut Alami Perubahan Lebih Baik, Berikut Kabupaten/Kota Sesuai Level


141 view
PPKM di Sumut Alami Perubahan Lebih Baik, Berikut Kabupaten/Kota Sesuai Level
(Foto: okezone.com)
Ilustrasi PPKM
Medan (harianSIB.com)
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level di kabupaten/kota Provinsi Sumut mengalami perubahan lebih baik dari dua minggu sebelumnya. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Ismail Lubis kepada harianSIB.com, Selasa (5/10/2021).

Ia mengatakan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM, Kota Medan berada di level 2. "Medan turun ke level 2, dua minggu yang lalu Medan di level 3. Kita juga sangat senang karena di Sumut tidak ada kabupaten/kota di level 4. Sedangkan level 3 hanya tinggal dua kabupaten/kota saja, sebelumnya ada 11 kabupaten/kota," ucapnya.

Ia menyebutkan kabupaten/kota berdasarkan level PPKM tanggal 5-18 Oktober 2021 yaitu level 1, Deliserdang, Nias Barat, Sibolga dan Tebingtinggi. Level 2, Medan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Nias, Langkat, Karo, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Dairi, Toba Samosir, Mandailing Natal, Nias Selatan, Pakpak Bharat.

"Humbang Hasundutan, Samosir, Serdang Bedagai, Batubara, Padanglawas Utara, Padanglawas, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Nias Utara, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Gunungsitoli. Level 3, Binjai dan Padangsidimpuan," sebutnya.

Seperti diketahui Menteri Dalam Negeri menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan agar melaksanakan PPKM level empat, level tiga, level dua, dan level satu di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen oleh Kementerian Kesehatan serta lebih mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Berkenaan dengan hal tersebut diinstruksikan penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi
dosis satu dan vaksinasi dosis satu lanjut usia di atas 60 tahun dari target vaksinasidengan ketentuan sebagai berikut, penurunan level kabupaten/kota dari level tiga menjadi level dua, dengan capaian total vaksinasi dosis satu minimal sebesar 50% dan capaian vaksinasi dosis satu lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40%.

Penurunan level kabupaten/kota dari level dua menjadi level satu dengan capaian total vaksinasi dosis satu minimal sebesar 70% dan capaian vaksinasi dosis satu lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 60% dan untuk kabupaten/kota dengan level dua pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021 dan tetap berada pada level dua atau level satu berdasarkan indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan per tanggal 4 Oktober 2021 akan diberikan waktu dua minggu untuk mencapai target vaksinasi. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com