PT SUT Diduga Kangkangi UU No 32 Tahun 2009

* Kadis DPMP2STP : Tidak Ada Izin Lingkungannya

109 view
PT SUT Diduga Kangkangi UU No 32 Tahun 2009
Foto: SIB/Dok
PROTES: Sejumlah aktivis menggelar aksi protes di depan  pabrik pengolah es batangan yang dikelola PT SUT, di Jalan H.M Yamin Kota Tanjungbalai, Rabu (9/6) pekan lalu.
Tanjungbalai (SIB)
PT Syndicaat Utama Tanjungbalai (SUT) yang bergerak di bidang pengolahan es batangan, diduga mengangkangi UU Nomor 32 Tahun 2009.

Pabrik pencetak es batangan yang berlokasi di Jalan H.M Yamin, Kelurahan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai itu, disinyalir tak mengantongi izin operasional seperti izin lingkungan, dokumen UKL-UPL serta dokumen analisis dampak lingkungan (Amdal).

"Pabrik pengolah es batangan ini sudah lama beroperasi diduga tanpa mengantongi izin lingkungan, UKL-UPL dan Amdal, sehingga menjurus kepada tindakan pelanggaran UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kita tahu di dalam pabrik itu ada mesin kulkas untuk membekukan air menjadi es batangan. Tentu akan menimbulkan limbah," tegas Ketua Generasi Muda Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM Pekat-IB) Kota Tanjungbalai Kacak Alonso, kepada SIB, Minggu (13/6).

Mereka sudah pertanyakan kepada pihak perusahaan dan membantah bahwa produksi es batangan tidak menimbulkan limbah.

“Kita minta komitmen pemerintah untuk menindaklanjuti demi kepastian hukum, sesuai amanat UU Nomor 32 Tahun 2009," ujar Kacak.

Kacak dan beberapa rekannya telah menggelar aksi protes di depan pabrik pengolah es batangan itu, Rabu (9/6) pekan lalu dengan membawa poster kecaman dan dalam pengawalan pihak kepolisian. "Saat kita gelar demo kemarin, tak seorangpun pihak dari PT SUT yang mau keluar untuk bertemu menjelaskan permasalahan yang kita pertanyakan. Kalau memang mengantongi izin resmi kenapa pengusahanya tidak mau bertemu, itu jelas menambah kecurigaan kita," tegasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2STP) Kota Tanjungbalai Edwardsyah, saat dikonfirmasi SIB, Minggu petang melalui telepon seluler membenarkan dugaan PT SUT tak mengantongi izin lingkungan.

"Kemarin saya periksa data PT SUT, itukan pabrik pembuat es batang tak ada izin lingkungannya. Untuk memastikan lagi nanti saya periksa lagi datanya, setahu saya izin lingkungannya tak ada,"terang Edwardsyah. (E9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com