PTM di Tanjungbalai, Tenaga Pendidik dan Siswa Diimbau Tetap Patuhi Prokes


105 view
PTM di Tanjungbalai, Tenaga Pendidik dan Siswa Diimbau Tetap Patuhi Prokes
Foto: harianSIB.com/Regen Silaban
MONITORING: Plt Wali Kota Tanjugbalai H Waris Tholib bersama unsur Forkopimda memonitoring pelaksanaan PTM terbatas di sejumlah SD, SMP dan SMA/SMK di Tanjungbalai, Rabu (1/9/2021).
Tanjungbalai (harianSIB.com)

Hari pertama pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Tanjungbalai, seluruh tenaga pendidik dan siswa mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas (SMA) sederajat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota H.Waris Tholib bersama Forkopimda saat memonitoring pelaksanaan PTM terbatas di sejumlah SD, SMP dan SMA/SMK swasta dan negeri di Tanjungbalai, Rabu (1/9/2021).

Amatan wartawan, sejumlah sekolah dimonitoring Plt Wali Kota bersama Forkopimda itu yakni, SD Negeri 132406, SMP Negeri 1, SMA Negeri 1, MAN Tanjungbalai, SMK Negeri 1 dan MAS YMPI.

H Waris Thalib di sela-sela kegiatan itu kepada sejumlah wartawan mengatakan, monitoring dilakukan berdasarkan Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 198.54/39.INST/2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Provinsi Sumatera Utara.

Disampaikannya, tujuan monitoring untuk memastikan pihak sekolah mulai SD hingga SMA sederajat dalam pelaksanaan PTM terbatas sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di setiap tingkatan sekolah.

"Sudah cukup lama peserta didik belajar dalam jaringan akibat pademi Covid-19 yang berkepanjangan. Sekarang kita patut bersyukur pemerintah telah mengizinkan PTM, sehingga anak-anak (pelajar) dapat bisa belajar dan berinteraksi langsung dengan guru," ucap Waris.

Waris menambahkan, meski PTM belum maksimal, diyakini pelaksanaannya bisa membawa dampak positif dalam perkembangan dunia pendidikan kedapannya. Sehingga ia mengimbau pihak sekolah, guru dan peserta didik tetap menerapkan prokes minimal dengan gerakan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak atau 3M.

"Saat ini kita belum benar-benar terbebas dari Covid-19. Kami berharap prokesnya selalu diterapkan tidak hanya ketika di sekolah tapi dalam kegiatan keseharian pun tetap kita jaga, " katanya.

Saat memonitoring PTM terbatas di setiap sekolah, Waris Tholib berdialog sambil memberikan motivasi dan semangat kepada para tenaga didik dan peserta didik. Waris juga berkeliling melihat sarana prasarana yang tersedia di sekolah mulai dari tempat cuci tangan hingga ruang kelas.

Unsur Forkopimda yang ikut dalam kegiatan tersebut juga berpesan kepada para guru untuk selalu mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah masing-masing dan mengimbau para peserta didik untuk menerapkan protokol kesehatan tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah dan kegiatan sehari-hari. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com