Terkait Aksi Demo Massa Futasi

PTPN III Tidak Benar Menelantarkan Lahan HGU


181 view
PTPN III Tidak Benar Menelantarkan Lahan HGU
Foto: dok iNews
Logo PT Perkebunan Nusantara III (Persero). 

Pematangsiantar (SIB)

Terkait aksi demo Forum Tani Sejahtera Indonesia (Futasi) di gedung DPRD Pematangsiantar, Senin (28/11) kemarin menuntut lahan yang bukan miliknya, Asisten Personalia PTPN III Kebun Bangun Doni Manurung SH menegaskan, tidak benar PTPN III melakukan penelantaran lahan HGU Nomor 1 Siantar selama 18 tahun.

Disebutkannya, berbagai upaya telah dilakukan PTPN III untuk kembali menguasai dan mengelola lahan di Gurilla dan Bah Sorma tersebut. Diantaranya upaya menghadang dan melarang warga menggarap lahan.

Selain itu papar Doni, tahun 2003 lalu, tanaman kelapa sawit milik PTPN III masih berdiri diatas lahan HGU. Hanya saja, tahun 2005 tanaman kelapa sawit itu dirusak masyarakat penggarap. Pengrusakan itu pun telah diadukan PTPN III ke Polres Simalungun.

"Tahun 2008, kembali membuat laporan polisi ke Polres Siantar atas dugaan tindak pidana penyerobotan lahan," sebut Doni, lalu menambahkan, pengaduan ke polisi, juga bagian dari upaya PTPN III untuk mengusahai lahan tersebut.

Alasan lain tidak melakukan penelantaran selama 18 tahun, ungkap Doni, tahun 2014 PTPN III berjuang mengambil alih lahan HGU Nomor 1 Siantar. Hasilnya, 15 hektar lahan berhasil dikuasai, kemudian ditanami dengan kelapa sawit.

"Tahun 2014, PTPN III didampingi personil Polres Siantar dan Kodim Simalungun mengambil alih garapan seluas 15 Ha dan ditanami kelapa sawit, hingga saat ini tanaman tersebut sudah berbuah," katanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com