PWI Labuhanbatu Gelar Lokakarya Jurnalistik dan Pra UKW, Diikuti 70-an Wartawan


149 view
PWI Labuhanbatu Gelar Lokakarya Jurnalistik dan Pra UKW, Diikuti 70-an Wartawan
(Foto: Dok/Diskominfo)
PENGHARGAAN :  Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Ketua DK PWI Sumut M Syahrir, Ketua PWI Labuhanbatu dan lainnya foto bersama wartawan senior, Yasmir Chaniago dan Barita Manullang, yang menerima piagam penghargaan dari PWI Labuhanbatu, pada lokakarya jurnalistik dan pra UKW yang diadakan PWI Labuhanbatu, Senin (26/9), di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat.

Rantauprapat (SIB)

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu menggelar lokakarya jurnalistik dan pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diikuti 70-an jurnalis media cetak, elektronik dan online.


Lokakarya ini dibuka Bupati Labuhanbatu diwakili Plt Kadis Kominfo Ahmad F Rangkuti, di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat, Senin (26/9).


Ahmad membacakan pidato bupati, menyebutkan mendukung kegiatan yang digelar PWI Labuhanbatu tersebut, untuk meningkatkan SDM wartawan dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik, Lokakarya dan Pra UKW ini bertema "Menjadikan Jurnalis yang Beretika dan Profesional sebagai Barometer Bolo Labuhanbatu Bermartabat".


"Wartawan adalah sumber informasi bagi masyarakat melalui media online, cetak dan juga elektronik, oleh karena itu sudah seharusnya berita yang diterima oleh masyarakat adalah berita yang berkualitas, berita yang berbobot, berita yang mengedukasi masyarakat, berita yang membangun dan tidak hoax," ujarnya.


Menurutnya, pemberitaan yang berkualitas tentunya sejalan dengan motto Bupati Labuhanbatu, yaitu Bolo Labuhanbatu yang tujuannya untuk meningkatkan harkat dan martabat pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu.


"Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan insan pers sebagai kontributor pemberitaan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu dan semakin terciptanya sinergitas antara pemerintah dengan insan pers," paparnya.


Bupati Labuhanbatu mengingatkan, pada era digital saat ini begitu mudahnya memperoleh dan membagikan informasi melalui media sosial.


"Kita harus bijak menggunakan media sosial. Ketika ingin berbagi informasi, pastikan bahwa informasi yang akan dibagikan berlandaskan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.


Sebelumnya, Ketua PWI Sumatera Utara H Farianda Putra Sinik, mengapresiasi lokakarya dan Pra UKW yang digelar PWI Labuhanbatu.


Dirinya berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan kemudian mengikuti UKW untuk meningkatkan kualitas menuju profesionalitas jurnalistik.


Farianda juga mengungkapkan bahwa saat ini PWI Sumatera Utara telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.


"Seluruh anggota PWI Sumut telah dilindungi jaminan sosial. Jika mengalami kecelakaan ataupun meninggal dunia akan mendapatkan uang santunan," ungkapnya.


Ketua PWI Labuhanbatu Roni Afrizal, menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Labuhanbatu H Erik Adtrada dan seluruh pihak yang turut menyukseskan acara tersebut.


Ketua panitia Kurnia Hamdani menyebutkan lokakarya dan Pra UKW ini untuk meningkatkan SDM wartawan melakukan tugas jurnalistik.


Pada kesempatan itu, PWI Labuhanbatu memberikan tali asih dan piagam penghargaan kepada wartawan senior di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan, Yasmir Chaniago dan Barita Manullang.


Pada lokakarya, Farianda menjadi nara sumber dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumut M Syahrir sumber pra UKW. (E5/f)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com